Virtual Office
Virtual Office adalah jenis kantor sewa non-fisik yang bisa digunakan sebagai alamat bisnis legal dan mendapatkan fasilitas-fasilitas kantor dari sang provider. Meskipun tidak memiliki kantor fisik yang digunakan sendiri, pengguna virtual office mendapatkan keuntungan khusus seperti biaya operasional yang jauh lebih murah dari kantor konvensional serta dapat digunakan untuk keperluan surat-menyurat, pendaftaran bisnis, dan keperluan administratif lainnya.
Virtual office biasanya menyediakan layanan seperti pengelolaan panggilan telepon, penerimaan surat, layanan resepsionis dan penggunaan ruang rapat atau kantor sementara sesuai kebutuhan.
Apa itu Virtual Office?
Virtual Office memberikan fleksibilitas kepada perusahaan atau individu untuk memiliki alamat bisnis perusahaan tanpa memikirkan biaya operasional seperti biaya listrik dan lain-lain. Ini dapat menjadi solusi yang cocok untuk freelancer, start-up, atau perusahaan yang ingin mengefisienkan biaya operasional dan memanfaatkan teknologi modern untuk menjalankan bisnis mereka
Mengapa Bisnis Anda Harus Beralih ke Virtual Office?
01
Kini sebagian besar kegiatan kantor dapat dilakukan secara online
02
Lebih Terjangkau
Tanpa Investasi Modal Awal
Tanpa Deposit
Tanpa Tagihan Listrik, Internet, Air, Kebersihan
Tanpa Tagihan Sewa Bulanan
Tim Lebih Ramping
03
Disetujui oleh Pemerintah
Dapat digunakan untuk Pendirian Perusahaan dan PKP
04
Dilengkapi Fasilitas Layaknya Kantor Konvensional, Tapi Lebih Baik!
Meeting Room dengan Peralatan Lengkap
Lounge
Executive Assistant untuk menjawab telepon dan menerima surat / paket untuk perusahaan Anda.
05
Melindungi Privasi
Jangan lagi menyebarkan alamat tempat tinggal Anda kepada dunia.
Bagaimana Cara Kerja Virtual Office
Dengan Virtual Office kalian bisa bekerja & menjalankan bisnis fleksibel dari rumah atau darimana saja, hemat biaya operasional hingga hemat waktu
Video Conference
Kalian bisa bekerja secara online, berkoordinasi dengan tim ataupun klien anda
dari rumah, dimana saja & kapan saja
Mail Handling
Semua Surat dan paket yang dikirimkan ke alamat perusahaan anda, anda akan kami beri notifikasi & anda bebas mengambilnya kapan saja
Layanan Resepsionis
Layanan Resepsionis Profesional siap membantu anda mulai dari meyapa klien anda, menerima dokumen yang masuk dan memberi notifikasi kepada anda
Layanan Penjawab Telepon
Layanan Penjawab telepon untuk menerima dan meneruskan setiap telepon dari calon klien ataupun rekan bisnis Anda
Meeting Room
Akses ke +20 Lokasi Strategis Meeting Room kami yang mudah di akses jika anda menginginkan pertemuan bisnis terdekat dengan lokasi anda
Apa lagi yang kalian dapatkan dari Virtual Office
Zonasi Perkantoran
Bertempat di zona komersial/perkantoran yang disahkan pemerintah untuk menjadi domisili perusahaan.
Dedicated Phone Number
Nomor telepon khusus untuk perusahaan anda sehingga membuat bisnis anda terlihat profesional & terpercaya.
Alamat Bisnis Strategis
Alamat bisnis bergengsi yang bisa digunakan untuk domisili perusahaan dan sekaligus memberikan citra perusahaan yang bonafid.
Pengurusan Legal
Persiapan akta, SKDP, NPWP, SIUP, TDP, BNRI & dokumen penting lainnya.
Pengurusan PKP
Meningkatkan peluang kerja sama bisnis dengan pemerintah.
Fasilitas Virtual Office
Persiapan Sebelum Bisnis Anda Beralih ke Virtual Office
1. Pertimbangkan Kebutuhan Bisnis Anda
Sebelum berpindah ke virtual office, pastikan dahulu apakah bisnis Anda membutuhkan kantor fisik atau virtual office. Salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan adalah dari sisi biaya, seperti biaya listrik, transportasi, biaya maintenance, dan biaya operasional lainnya. Virtual Office dapat menghemat biaya operasional hingga 90% dibandingkan sewa kantor fisik.
2. Lakukan Riset
Pilih Virtual Office yang berpengalaman, tepercaya, serta kredibel. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah lamanya penyedia virtual office tersebut beroperasi dan banyaknya klien yang telah dilayani.
3. Pilih Lokasi dan Alamat Bisnis Sesuai Kebutuhan Anda
Pilihlah lokasi Virtual Office yang strategis atau dekat dari rumah Anda. Selain itu, Anda bisa memilih lokasi di pusat bisnis ataupun lokasi yang mudah diakses.
4. Mulai Bekerja dan Berbisnis Secara Hybrid dan Fleksibel
Kemajuan teknologi mengubah cara kerja tradisional. Jika sebelumnya harus selalu ke kantor dan ada kantor fisik, kini banyak pekerjaan dan bisnis yang bisa dijalani secara hybrid, online maupun offline.
5. Pilih Provider Virtual Office yang Sudah PKP seperti vOffice
Pastikan memilih penyedia virtual office yang bisa digunakan untuk PKP. Sebab, hal ini dapat menguntungkan Anda agar bisa mengikuti tender/proyek pemerintahan serta lebih tepercaya di mata klien atau partner.
6. Pilih Provider Virtual Office yang Memiliki dan Mengelola Sendiri Kantornya
Ini sangat penting karena jika virtual office provider yang Anda pilih bangkrut atau tutup, Anda tidak bisa lagi memakai virtual office tersebut. Virtual office dari vOffice merupakan kantor yang dimiliki dan dikelola sendiri, sehingga kelangsungan bisnis Anda lebih terjamin.
7. Datang ke Lokasi serta Lihat Kantor Fisik Virtual Office Milik Provider Secara Langsung
Sebelum menyewa virtual office, datanglah langsung ke virtual office pilihan Anda untuk melihat fasilitas, gedung, serta kantor fisiknya.
8. Pilih Provider Virtual Office dengan Lokasi Terbanyak
vOffice memiliki lebih dari 35 lokasi di seluruh Indonesia serta berada di lokasi strategis dan mudah diakses. Hal ini membantu pengusaha jika ingin bekerja mobile karena Anda bisa memakai meeting room di seluruh lokasi vOffice untuk bertemu klien atau partner.
9. Lihat Teknologi yang Ditawarkan
Teknologi memudahkan Anda dalam mengakses virtual office secara online, seperti booking meeting room yang fleksibel, cek surat/paket yang datang, cek telp yang masuk, dan lainnya.
10. Pilih Virtual Office Premium di Gedung Premium Grade A
Dibandingkan lokasi kantor di ruko/pertokoan kecil, pemilihan gedung dan alamat bisnis premium membantu meningkatkan citra bisnis agar lebih kredibel di mata klien/partner.
Rekomendasi Virtual Office di Indonesia
Rekomendasi Lokasi Virtual Office di Jakarta Selatan
Lokasi strategis di Jakarta Selatan menjadikannya pilihan utama bagi perusahaan besar dan startup. Berikut adalah beberapa kelebihan dari lokasi Virtual Office Jakarta Selatan:
Terletak dekat dengan pusat bisnis dan pemerintahan, membuatnya ideal untuk bisnis yang ingin menjalin hubungan dengan institusi pemerintah.
Sebagai pusat bisnis internasional, lokasi ini menawarkan banyak pilihan penyedia virtual office dengan beragam fasilitas dan layanan.
Dikenal sebagai pusat bisnis utama, SCBD adalah pilihan terbaik untuk perusahaan yang ingin berada di tengah aksi bisnis.
Lokasi ini menawarkan fasilitas umum dan transportasi yang memadai, membuatnya mudah diakses oleh karyawan dan klien.
Terkenal dengan restoran mewah dan kehidupan malam yang aktif, Senopati adalah pilihan yang bagus bagi perusahaan yang ingin menciptakan kesan mewah.
Cilandak merupakan lokasi yang dekat dengan pusat perbelanjaan dan sekolah, memungkinkan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.
TB Simatupang, dekat dengan pusat bisnis dan pendidikan, menyajikan keuntungan akses ke jaringan bisnis dan pendidikan. Virtual office di TB Simatupang cocok untuk perusahaan yang ingin terhubung dengan lingkungan bisnis dan akademis.
Virtual office di Pasar Minggu memberikan keuntungan lokasi strategis, menjadikannya pilihan ideal bagi perusahaan yang ingin terhubung dengan berbagai pusat bisnis.
Rekomendasi Lokasi Virtual Office di Jakarta Utara
Wilayah Jakarta Utara menawarkan beberapa kelebihan yang unik. Berikut kelebihan Virtual Office Jakarta Utara:
Dikenal sebagai pusat bisnis yang berkembang pesat, Kelapa Gading adalah rumah bagi banyak perusahaan yang ingin memanfaatkan pertumbuhan ini.
Fasilitas umum yang memadai dan harga terjangkau menjadikan Pluit pilihan yang menarik untuk bisnis kecil.
Virtual Office Pantai Indah Kapuk (PIK)
Terletak dekat dengan bandara, PIK adalah pilihan yang cerdas bagi perusahaan yang sering berurusan dengan perjalanan bisnis.
Virtual Office Mall of Indonesia
Terletak di dalam kompleks perbelanjaan, lokasi ini adalah kombinasi sempurna antara bisnis dan rekreasi.
Rekomendasi Lokasi Virtual Office di Jakarta Pusat
Jakarta Pusat menawarkan nuansa sejarah. Berikut ini keunggulan lokasi Virtual Office Jakarta Pusat:
Lokasi bersejarah dan ikonik yang mendukung citra profesional perusahaan Anda.
Terkenal dengan pusat perbelanjaan mewah dan pusat bisnis, lokasi ini sangat diinginkan oleh banyak perusahaan.
Virtual Office Tanah Abang-Karet
Fasilitas umum yang memadai dan transportasi yang mudah diakses membuatnya menjadi pilihan yang bijak.
Dikenal sebagai pusat berbagai kegiatan, baik formal maupun informal.
Rekomendasi Lokasi Virtual Office di Jakarta Barat
Jakarta Barat adalah tempat bagi perusahaan yang ingin mengambil keuntungan dari pertumbuhan bisnis yang pesat. Beberapa lokasi menarik Virtual Office Jakarta Barat termasuk:
Lokasi yang berkembang pesat dengan banyak pilihan penyedia virtual office dengan harga terjangkau.
Akses mudah dan fasilitas yang memadai menjadikan Kebon Jeruk pilihan yang bijak bagi perusahaan yang ingin berkembang.
Rekomendasi Lokasi Virtual Office di Jakarta Timur
Jakarta Timur adalah pusat pertumbuhan bisnis yang menjanjikan, dan beberapa lokasi menarik untuk Virtual Office Jakarta Timur termasuk:
Keberadaan banyak penyedia virtual office dengan harga terjangkau menjadikannya pilihan yang pintar bagi bisnis yang ingin berkembang.
Virtual Office
Mengapa vOffice
#1 Virtual Office di Indonesia
Jaminan Kepuasan Pelanggan
Sertifikat ISO 9001
vOffice adalah Penyedia Virtual Office Premium terkemuka di Jakarta
dan pencetak Rekor MURI
sebagai Kantor Virtual dengan Lokasi Terbanyak.
vOffice tidak hanya menyediakan solusi bisnis, tetapi juga pengalaman bekerja yang berbeda dari biasanya. Dengan
vOffice, Anda dapat menghemat biaya operasional bisnis serta menjadikan bisnis Anda lebih produktif dan efisien.
Semua center vOffice dimiliki dan dikelola oleh vOffice sendiri, berlokasi di gedung premium yang terletak di
kawasan pusat bisnis bergengsi.
vOffice menawarkan solusi untuk bekerja secara efektif tanpa biaya tersembunyi.
Kami menyediakan ruang kerja premium di lebih dari 40 lokasi di seluruh Indonesia, yang dapat meningkatkan citra
bisnis dengan desain kantor yang representatif, elegan, dan didukung fasilitas lengkap.
Kelola Kantor Virtual Office Anda secara Real Time
vPortal adalah platform yang dibuat khusus untuk klien vOffice. Berikut Fitur vPortal:
- Mendapatkan pemberitahuan saat seseorang menelepon Anda, melihat detail nama, nomor telepon, dan pesan serta meneruskan telepon/pesan tersebut kepada Anda.
- Mendapatkan pemberitahuan ketika kami menerima surat/paket atas nama Anda dan memerintahkan kami untuk menyimpannya, memindainya atau meneruskan surat/paket itu kepada Anda.
- Anda dapat memesan Ruang Meeting dan Coworking Space secara online & real time.
- Menerima undangan khusus ke acara kami serta mendapatkan pengumuman atau promo terbaru.
FAQ Umum Terkait Virtual Office
Kapan pertama kali adanya Virtual Office?
Selain mengetahui apa yang dimaksud kantor virtual, Anda juga perlu tahu sejarahnya. Kali pertama munculnya konsep virtual office adalah pada tahun 1970-an, seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Namun, layanan kantor virtual baru mulai populer pada tahun 1990-an, seiring dengan perkembangan internet dan meningkatnya kesadaran akan pentingnya biaya-efektif.
Apakah kantor virtual termasuk kantor modern?
Ya, kantor virtual termasuk kantor modern. Kantor virtual menawarkan berbagai keuntungan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis modern, seperti:
- Fleksibilitas
- Efisiensi biaya
- Produktivitas
Bagaimana Virtual Office dapat membantu Anda?
Meningkatkan citra & branding perusahaan
Meningkatkan citra & branding perusahaan anda dengan memiliki lokasi perusahaan yang strategis dan dipusat bisnis.
Memangkas biaya operasional
Anda dapat memangkas biaya operasional hingga 90% dibandingkan dengan cara kerja konvensional
Kantor yang elegan
Anda akan tetap memiliki kantor yang elegan didukung dengan alamat domisili yang sah, resepsionis, ruang meeting, dan nomor telepon khusus tanpa membayar biaya lebih untuk menambah staff baru
Mengalokasikan waktu berharga Anda
Mengalokasikan waktu berharga Anda untuk aktivitas vital perusahaan tanpa mengurangi waktu santai Anda bersama keluarga dan orang-orang yang Anda cintai.
Fleksibilitas bekerja darimana saja
Memberikan Anda fleksibilitas untuk bekerja dari mana saja - dari rumah, luar negeri atau lokasi lainnya.
Mengurangi stress
Mengurangi stres dan tekanan karena masalah lalu lintas dan parkir.
Domisili Perusahaan yang sah
Domisili perusahaan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari mengurus izin hingga syarat mendirikan perusahaan.
Bisa untuk mengajukan PKP (Pengusaha Kena Pajak)
Bermanfaat bagi citra perusahaan Anda dan meningkatkan peluang kerja sama bisnis dengan pemerintah.
Apakah virtual office legal?
Virtual office legal, dan banyak perusahaan berlisensi menyediakan layanan ini sesuai dengan hukum setempat.
Dasar hukum virtual office di Indonesia adalah sebagai berikut:
- Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UUPT)
- Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2014 tentang Zonasi
Apakah virtual office Bisa PKP?
Virtual office bisa PKP artinya bahwa perusahaan yang menggunakan virtual office dapat mengajukan dan mendapatkan status Pengusaha Kena Pajak (PKP). PKP adalah status yang diberikan kepada pengusaha yang melakukan penyerahan barang atau jasa kena pajak yang telah memenuhi kriteria tertentu.
Sebelum tahun 2017, kantor virtual tidak dapat digunakan sebagai alamat pengukuhan PKP. Hal ini karena kantor virtual tidak memiliki ruangan fisik yang dapat digunakan sebagai tempat kegiatan usaha. Namun, dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 147/PMK.03/2017, kantor virtual dapat digunakan sebagai alamat pengukuhan PKP dengan memenuhi beberapa syarat, yaitu:
- Pengelola kantor virtual harus telah dikukuhkan sebagai PKP. vOffice adalah penyedia virtual office yang sudah PKP.
- Pengelola kantor virtual harus menyediakan ruangan fisik untuk tempat kegiatan usaha bagi pengusaha yang akan dikukuhkan sebagai PKP.
- Pengelola kantor virtual harus secara nyata melakukan kegiatan layanan pendukung kantor.
Syarat-syarat tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa kantor virtual yang digunakan sebagai alamat pengukuhan PKP benar-benar memiliki ruangan fisik dan layanan pendukung kantor yang memadai.
Apa Keuntungan dari PKP Virtual Office?
Keuntungan memiliki status PKP bagi perusahaan yang menggunakan virtual office antara lain:
- Dapat menerbitkan faktur pajak untuk transaksi jual beli barang atau jasa kena pajak.
- Dapat memungut PPN dari pembeli barang atau jasa kena pajak.
- Dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas perpajakan, seperti restitusi PPN.
Dengan memiliki status PKP, perusahaan yang menggunakan virtual office dapat meningkatkan kepercayaan dari mitra bisnis dan pelanggan. Hal ini karena status PKP menunjukkan bahwa perusahaan tersebut telah memenuhi kewajiban perpajakannya.
Mengapa kantor virtual tidak memerlukan ruang yang besar?
Karena kantor virtual tidak memiliki karyawan yang bekerja secara langsung di lokasi kantor, maka kantor virtual tidak memerlukan ruang yang besar. Kantor virtual hanya memerlukan ruang untuk staf administrasi dan ruang rapat.
Apa kelebihan virtual office?
Kelebihan virtual office:
- Penghematan biaya, termasuk sewa dan utilitas.
- Fleksibilitas untuk bekerja dari mana saja.
- Kemampuan untuk mengakses layanan administratif profesional.
- Memperoleh alamat bisnis prestisius.
- Dapat digunakan untuk perluasan bisnis.
Baca Juga: 5 Kelebihan Virtual Office untuk Bisnis Anda
Apa kekurangan dari Virtual Office?
Kerugian dari kantor virtual adalah:
- Kurangnya kolaborasi
- Kurangnya privasi
Jenis bisnis apa yang cocok menggunakan virtual office?
Sebelum memilih sewa virtual office di Indonesia, ketahui beberapa pengguna umum serta jenis bisnis yang cocok menggunakan layanan virtual office berikut ini:
- Jasa konsultan, seperti konsultan keuangan, konsultan hukum, dan konsultan bisnis.
- Jasa desain, seperti desain grafis, desain interior, dan desain web.
- Jasa pemasaran, seperti digital marketing dan public relations.
- Jasa freelance, seperti penulis, editor, dan web developer.
- Jasa startup.
- Jasa konsultasi online, seperti bimbingan belajar dan terapi online.
Baca Juga: Ini Daftar Bisnis yang Cocok Menggunakan Virtual Office
Apa ciri-ciri dan karakteristik virtual office?
Ciri dan karakteristik virtual office:
- Alamat bisnis virtual.
- Layanan administratif seperti penerimaan panggilan dan surat.
- Akses ke teknologi yang memungkinkan kerja jarak jauh.
- Penyedia layanan dapat menyediakan ruang pertemuan atau kantor sementara.
Baca Juga: 5 Karakteristik Virtual Office yang Harus Anda Tahu
Apa saja layanan virtual office vOffice?
Jika Anda bertanya apa saja layanan virtual office, berikut daftarnya:
Zonasi Perkantoran
Bertempat di zona komersial/perkantoran yang disahkan pemerintah untuk menjadi domisili perusahaan.
Dedicated Phone Number
Nomor telepon khusus untuk perusahaan anda sehingga membuat bisnis anda terlihat profesional & terpercaya.
Alamat Bisnis Strategis
Alamat bisnis strategis & bergengsi yang bisa digunakan untuk domisili resmi perusahaan dan sekaligus memberikan impresi perusahaan bonafide.
Pengurusan Legal
Persiapan akta, SKDP, NPWP, SIUP, TDP, BNRI & dokumen penting lainnya.
Pengurusan PKP
Meningkatkan peluang kerja sama bisnis dengan pemerintah.
Mengapa kantor virtual dikatakan lebih fleksibel dibandingkan dengan kantor nyata?
Kantor virtual lebih fleksibel dibandingkan dengan kantor nyata karena:
- Kantor virtual dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang berubah-ubah.
- Kantor virtual dapat diakses dari mana saja.
- Kantor virtual dapat menghemat biaya operasional.
Apa perbedaan virtual office dengan kantor biasa?
Perbedaan virtual office dengan kantor biasa:
- Tidak ada ruang fisik tetap dalam virtual office.
- Lebih fokus pada layanan administratif dan alamat bisnis.
- Tidak memerlukan kehadiran fisik sehari-hari.
Baca juga: 5 Perbedaan Virtual Office dengan Kantor Biasa
Apa perbedaan virtual office dan coworking space?
Perbedaan virtual office dan coworking space:
- Virtual office tidak menyediakan ruang kerja bersama; hanya alamat bisnis dan layanan administratif.
- Coworking space menawarkan ruang kerja bersama yang dapat digunakan oleh banyak orang.
Baca juga: Perbedaan Virtual Office dan Coworking Space
Apa perbedaan virtual office dengan serviced office?
Perbedaan virtual office dengan service office:
- Service office adalah jenis kantor berbagi yang menyediakan ruang fisik dengan perabotan.
- Sewa virtual office hanya menyediakan alamat bisnis dan layanan administratif tanpa ruang fisik.
- Service office biasanya lebih mahal daripada virtual office karena termasuk biaya sewa fisik.
Baca juga: 5 Perbedaan Serviced Office dengan Virtual Office
Di mana lokasi terbaik untuk menyewa virtual office di Indonesia?
Berikut ini pilihan lokasi strategis dari vOffice untuk sewa virtual office di Indonesia:
vOffice Selalu Memberikan Yang Terbaik Untuk Anda
Didirikan pada tahun 2003, kami selalu berpegang teguh pada satu komitmen yang sama, yaitu untuk mengatasi kesulitan para entrepreneur dalam membangun bisnisnya.
Komitmen inilah yang kemudian membuat kami dipercaya oleh lebih dari 50.000 klien dan berkembang hingga memiliki 35 lokasi di seluruh Indonesia. Kami juga senantiasa beradaptasi dengan kemajuan teknologi dalam memberikan layanan kami.