Cara Lengkap Buat PT Online, Mudah dan Cepat!

buat pt online

Membuat PT kini bisa Anda lakukan dengan lebih praktis karena adanya layanan secara online. Meski bertahap, cara buat PT online tetap terbilang mudah dan cepat—Anda hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit.

Hal ini dikarenakan telah tersedianya Administrasi Hukum Umum (AHU) online yang diluncurkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sebagai cara menunjang proses pemesanan nama dan pendirian perusahaan.

Selengkapnya, berikut adalah langkah dan cara buat PT online.

Baca Juga: Pengertian PT (Perseroan Terbatas), Jenis, dan Keunggulannya

Persiapan Pendirian PT

Beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan pendirian PT antara lain sebagai berikut.

  • Penamaan PT

Aturan mengenai penamaan PT telah tertuang dalam PP Nomor 43 tahun 2011 tentang Tata Langkah Mengajukan dan Penggunaan Nama Perseroan Terbatas. Adapun nama PT setidak-tidaknya terdiri dari tiga suku kata, tidak boleh menggunakan nama yang sudah dipakai oleh PT lain, dan tidak boleh menggunakan serapan asing.

  • Tempat dan Kedudukan PT

Tempat dan kedudukan PT berarti alamat PT tersebut berada dan berkedudukan hukum. Jika Anda mendaftarkan kedudukan PT di Jakarta Pusat, maka alamat PT pun harus berada di Jakarta Pusat.

  • Maksud dan Tujuan PT

Hal ini menjelaskan kegiatan apa saja yang dilakukan oleh PT dan tertuang penjelasannya dalam Pasal 3 Akta Pendirian PT. Beberapa catatan penting terkait maksud dan tujuan PT adalah:

  • Pastikan Anda tidak memilih bidang usaha yang dilarang oleh aturan
  • Bidang usaha yang dijalankan harus secara eksplisit tertulis di dalam akta pendirian PT
  • Bidang usaha yang dijalankan harus mempunyai izin usaha yang sesuai
  • Struktur Permodalan PT

Sesuai UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, modal dasar membuat PT adalah Rp50 juta dengan 25% dari modal dasar harus ditempatkan.

Baca Juga: Perbedaan PT Terbuka dan PT Tertutup

  • Pengurus PT

Pengurus sebuah PT adalah Direktur dan Komisaris. Apabila terdapat lebih dari satu orang Direktur, maka salah satunya harus diangkat menjadi Direktur Utama—begitu pula untuk Komisaris. Adapun Direktur bertugas menjalankan operasional harian perusahaan, sedangkan Komisaris memberi nasihat kepada Direktur.

Pembuatan Akta PT

Anda bisa menggunakan jasa Notaris untuk proses pembuatan akta PT. Anda tidak harus mencari Notaris yang berada di lokasi sama dengan tempat kedudukan PT. Notaris dari mana pun berwenang dalam pembuatan akta PT selama telah memiliki SK pengangkatan, disumpah, dan terdaftar di Kemenkumham.

Seluruh orang yang menjadi pendiri PT menandatangani akta pendirian PT di hadapan PT. Namun, apabila ada pihak yang tidak dapat hadir, maka penandatanganannya dapat dikuasakan.

Agar tak bolak-balik, Anda bisa menyiapkan beberapa dokumen yang akan diperlukan dalam pembuatan akta pendirian PT. Adapun dokumen yang dimaksud berupa dokumen pernyataan seperti penggunaan nama PT, alamat lengkap dan kedudukan PT, penyetoran modal, dan sebagainya.

Pengesahan PT

Akta pendirian yang sudah dibuat akan diajukan oleh notaris untuk disahkan sebagai badan hukum kepada Menteri Hukum dan HAM. Menteri pun akan mengeluarkan SK yang mengesahkan PT sebagai badan hukum. Jika tahap ini selesai, maka resmilah PT menjadi badan hukum yang diakui negara.

Anda dapat mengetahui apakah PT sudah terdaftar di sistem AHU atau belum dengan cara mengecek di web resmi AHU, yakni https://ahu.go.id/pencarian/profil-pt. Masukkan nama PT dan lakukan beberapa langkah sederhana sesuai petunjuk. Sistem puna akan menampilkan hasil pencarian di layar.

Pembuatan NPWP

Tentunya, sebagai bentuk komitmen dan konsekuensi atas statusnya sebagai badan hukum, PT harus memenuhi kewajiban di samping memperoleh haknya. Adapun salah satu kewajibannya sebagai subjek hukum adalah pelaporan pajak.

PT akan memiliki dua jenis dokumen mengenai kewajibannya dalam perpajakan, yakni Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Surat Keterangan Terdaftar Pajak (SKT Pajak). Beberapa PT mungkin juga memperoleh dokumen Pengusaha Kenapa Pajak (PKP).

Pengurusan NIB di OSS RSA

Setelah menyelesaikan cara membuat PT online di atas, kini saatnya mengurus Nomor Induk Berusaha alias NIB yang diterbitkan lewat sistem OSS sehingga dapat menjalankan kegiatan usaha yang diharapkan. Adapun Online Single Submission alias OSS adalah sistem perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik yang diterbitkan lembaga OSS atas nama atau untuk menteri, pimpinan lembaga, bupati/kota.

Nah, itulah cara membuat PT online. Kini dengan kemudahan teknologi, berbagai kegiatan administrasi jadi lebih praktis dan mudah.

Jika Anda masih kebingungan dan ingin melakukan pembuatan PT dari rumah, vOffice dapat membantu mewujudkan impian tersebut. Tak cuma itu, vOffice juga menyediakan virtual office jakarta, virtual office tangerang, virtual office bekasi, virtual office bandung, virtual office surabaya, virtual office medan, virtual office bali. Kehadiran virtual Office membantu Anda menjalankan bisnis lebih mudah, hemat, efektif, dan efisien—termasuk memangkas biaya operasional hingga 90%.

Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi tim vOffice sekarang untuk pendirian PT impian dengan lebih cepat, mudah, dan aman.

    Anda Punya Pertanyaan?