Pengertian Coworking Space | Coworking Space adalah ruang kerja bersama

Coworking Space adalah

Coworking space adalah ?

Ruang kerja baru dimana pengguna bekerja dengan orang-orang lain dari perusahaan/organisasi yang berbeda di satu tempat. Coworking space berasal dari bahasa Inggris yang berarti ruang yang digunakan untuk bekerja, menghasilkan karya secara bekerja sama baik antar individu maupun perusahaan yang memiliki latar usaha berbeda.

Co-working space mengedepankan konsep sharing atau berbagi. Dalam satu ruangan terdapat berbagai individu, komunitas, maupun perusahaan, khususnya start-up. Biasanya terdapat satu ruangan terbuka untuk digunakan bersama dan ruangan-ruangan kecil yang dapat disewa per individu atau per komunitas atau perusahaan.

Fenomena Coworking Space

Industri co-working space di Asia Tenggara tumbuh sekitar lima belas persen pada 2017 lalu. Peluang di Indonesia sendiri menurut penggiat industri masih besar, baik di kota-kota besar ataupun di daerah sekitarnya.

Mark Corbett, Co-founder dari Pace Ventures pada theguardian.com memberikan Mengatakan bahwa co-working space muncul sebagai alternatif dari ruang di gedung perkantoran yang relatif mahal. Kebutuhan atas ruang kerja muncul karena banyak bisnis start-up dan semakin diminatinya freelance job.

Apa Manfaat Coworking Space?

Coworking space memiliki keuntungan yang dibutuhkan dalam berbisnis yang saat ini sangat penting, yaitu jejaring dan kolaborasi. Dengan adanya coworking space sebagai tempat enterpreneurs berkumpul, para pengguna coworking space akan memiliki lebih banyak kenalan bisnis yang bisa dijadikan rekan bisnis, klien, ataupun teman diskusi. Dengan adanya kenalan dan kemungkinan berkolaborasi, bisnis bisa berkembang dengan jauh lebih pesat karena banyaknya kesempatan dan juga inspirasi yang didapatkan dari lingkungan yang berbeda-beda.

Tidak hanya itu, Coworking Space juga menjadi jawaban atas permasalahan biaya operasional gedung yang terus meningkat. Karena kantor sudah disediakan oleh penyedia coworking space, pengusaha tidak perlu lagi mengeluarkan biaya ekstra untuk menyewa gedung, membeli furniture seperti kursi dan meja, membayar internet pengelolaan kantor (maintenance), ataupun mempekerjakan resepsionis atau keamanan. Pengguna bisa langsung bekerja dan fokus melakukan bisnis.

Baca Juga : Manfaat Virtual Office untuk Pengusaha & Startup

Fasilitas Coworking Space

Penyedia coworking space biasanya sudah menyediakan fasilitas esensial untuk bisnis selain tempat bekerja seperti koneksi internet, meeting room untuk bertemu dengan klien dan juga diskusi tim, serta minuman seperti air mineral, teh, dan kopi. Pengguna juga akan dibantu oleh resepsionis professional untuk penerimaan surat dan paket yang masuk. Sebagian Coworking Space juga menyediakan alamat virtual untuk keperluan legalitas.

Siapa saja yang cocok menggunakan Coworking Space?

Coworking Space ditawarkan sebagai solusi bagi siapa saja yang ingin bekerja dengan manfaat lebih besar dan biaya yang lebih kecil. Coworking sering digunakan oleh bisnis UMKM dan juga pekerja profesional seperti freelance. Selain itu, bisnis konvensional pun bisa saja memanfaatkan komunitas dari coworking space untuk keperluan diskusi dan juga kerjasama bisnis.

*Sumber:

https://kumparan.com/indonesiago-digital/inilah-kelebihan-serta-fungsi-dari-coworking-space-yang-wajib-anda-ketahui-1543478519816983699

https://www.rappler.com/indonesia/gaya-hidup/166329-perkembangan-coworking-space-di-indonesia

Anda Punya Pertanyaan ?