7 Pertimbangan Memilih Virtual office yang Ideal untuk Mendukung Perkembangan Bisnis

Tak semua virtual office mampu mendukung pertumbuhan bisnis. Yuk, cari tahu pertimbangan memilih virtual office yang ideal dan bisa membuat bisnis berkembang.

Banyak pengusaha atau entrepreneur yang kurang memperhatikan pertimbangan memilih virtual office atau kantor virtual. Alasannya, karena kantor virtual tidak berfungsi sebagai kantor fisik perusahaan, tetapi bermanfaat sebagai alamat surat menyurat atau domisili resmi perusahaan. Penggunaan layanan virtual office kerap dilakukan oleh pebisnis online atau pemilik startup yang menjalankan aktivitasnya lewat internet.

Namun, keputusan pemakaian layanan virtual office tanpa disertai pertimbangan, bisa mengganggu aktivitas bisnis, lho! Apalagi, di beberapa wilayah, pemerintah mewajibkan aturan tertentu yang harus ditaati, tidak hanya oleh penyedia layanan virtual office, tetapi juga para pengguna jasanya. Untuk menghindari terjadinya hal-hal tak mengenakkan selama menggunakan jasa kantor virtual, Anda perlu memperhatikan 7 faktor penting, yakni:

  • Lokasi

Kantor virtual yang Anda pilih harus memiliki lokasi strategis. Pastikan bahwa lokasi kantor virtual bisa dengan mudah dijangkau dan berada di area bisnis. Dengan begitu, penggunaan layanan kantor virtual benar-benar bisa meningkatkan citra perusahaan di mata klien. Di samping itu, Anda juga perlu memastikan bahwa lokasi virtual office sesuai dengan zonasi usaha—terutama penyedia layanan kantor virtual yang ada di Jakarta.

  • Perizinan

Pertimbangan memilih virtual office selanjutnya adalah terkait perizinan. Anda perlu memastikan bahwa pengelolaan layanan kantor virtual itu telah mematuhi dan mengurus segala perizinan yang dibutuhkan. Izin yang diperlukan untuk penyediaan jasa kantor virtual di antaranya adalah izin mendirikan bangunan (IMB), izin lingkungan, serta kesesuaian dengan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI).

  • Status PKP

Status Pengusaha Kena Pajak (PKP) juga perlu menjadi pertimbangan penting ketika memilih layanan kantor virtual. Anda perlu tahu bahwa ada virtual office yang sudah PKP dan ada pula yang masih belum. Ketika penyedia jasa virtual office sudah mendapatkan status PKP dari kantor pajak, maka para pengguna layanannya juga bisa memperoleh status serupa.

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika perusahaan memperoleh PKP. Status sebagai PKP menjadi indikator bahwa perusahaan yang Anda pimpin legal dan taat membayar pajak. Selain itu, PKP juga bisa menjadi jalan untuk memperluas usaha. Apalagi, ketika sudah mendapatkan status PKP, perusahaan bisa melakukan kerjasama dengan perusahaan besar serta terlibat dalam proyek pemerintah.

  • Fasilitas

Penyedia layanan virtual office yang berkualitas bakal menyediakan fasilitas yang lengkap kepada para pengguna jasanya. Ada beberapa fasilitas penting yang perlu Anda perhatikan agar kelangsungan operasional bisnis tidak terganggu. Beberapa fasilitas tersebut di antaranya adalah notifikasi ketika ada surat atau paket, nomor telepon yang didedikasikan untuk masing-masing pelanggan, ataupun ketersediaan ruang rapat.

  • Tarif

Pertimbangan memilih virtual office selanjutnya adalah terkait tarif. Anda perlu memastikan bahwa tarif yang ditetapkan memang sesuai dengan jenis layanan serta fasilitas yang diperoleh.

  • Layanan pendukung

Penggunaan kantor virtual juga harus disertai dengan ketersediaan berbagai layanan pendukung. Hal ini penting agar Anda tidak mengalami kesulitan kalau ingin mengembangkan bisnis. Apa saja layanan pendukung yang bisa dimanfaatkan? Pilihannya beragam, dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Sebagai contoh, Anda bisa saja menemukan layanan kantor virtual dengan layanan pendukung berupa jasa pembuatan PT dan CV, pengurusan PKP, layanan penjawab telepon, dan lain-lain.

  • Dukungan event

Pada situasi tertentu, Anda bakal membutuhkan bantuan ketika ingin mengadakan event bisnis dan mengundang para klien. Untuk itu, Anda perlu memastikan bahwa pihak penyedia layanan kantor virtual, mampu memberikan dukungan agar event yang akan dilaksanakan bisa berjalan lancar.

Dengan mempertimbangkan 7 faktor tersebut, Anda bisa mendapatkan layanan kantor virtual yang bisa mendukung perkembangan bisnis. Lalu, di mana Anda bisa memperoleh jasa virtual office yang seperti itu? Jawabannya sangat mudah. Cukup dengan menggunakan vOffice saja!

vOffice tidak hanya menyediakan layanan kantor virtual dengan lokasi strategis dan sesuai zonasi yang ditetapkan pemerintah. Di sini, Anda akan memperoleh layanan kantor virtual yang sudah PKP dan menawarkan fasilitas serta layanan pendukung lengkap. Tidak hanya virtual office, Anda juga bisa memperoleh layanan serviced office juga, lho!

Anda Punya Pertanyaan ?