5 Tujuan Virtual Office Beserta Keuntungannya

tujuan virtual office

Dalam era digital yang terus berkembang, konsep virtual office telah menjadi salah satu inovasi terkemuka dalam dunia bisnis. Virtual office, dengan tujuan utamanya, membawa perubahan besar dalam cara perusahaan bekerja dan beroperasi.

Mari simak apa saja tujuan adanya virtual office, dan mengapa virtual office dapat mengurangi biaya fasilitas di artikel ini.

Baca Juga: Apa Itu Virtual Office?

Tujuan Kantor Virtual

tujuan virtual office
tujuan virtual office

Apa tujuan perusahaan beralih ke virtual office? Kantor Virtual timbul sebagai upaya untuk mewujudkan pengurangan penggunaan lingkungan kantor secara fisik. Pengurangan bahkan peniadaan tersebut bertujuan sebagai efisiensi kerja yang berujung pada penekanan biaya (cost reduction). Sebuah kantor virtual dapat memberikan penghematan yang signifikan dan fleksibilitas dibandingkan dengan menyewa ruang kantor tradisional.

Untuk perusahaan skala kecil dan menengah menggunakan Kantor virtual tidak sama dengan pengurangan karyawan. Dalam hal pengurangan kantor secara fisik, maka yang dikurangi adalah wujud fisik kantor berupa ruangan, meja kursi, maupun lemari arsip. Sebagai gantinya, karyawan tetap dapat bekerja melalui kantor virtual.

Sebagai gantinya, karyawan tetap dapat bekerja melalui kantor virtual. Keberadaan kantor virtual bagi seorang karyawan dapat “datang” ke kantor secara cepat. Karena sebetulnya, kedatangan dan kepergian karyawan tersebut berlangsung secara virtual tidak secara fisik datang dan hadir di lingkungan kantor.

Jadi, jika Anda bertanya mengapa virtual office dapat mengurangi biaya fasilitas, jawabannya adalah karena virtual office dapat mengurangi biaya fasilitas karena tidak memerlukan ruang kantor fisik. Perusahaan yang menggunakan virtual office hanya perlu membayar biaya berlangganan virtual office, yang biasanya mencakup berbagai fasilitas kantor, seperti alamat kantor, layanan telepon, dan layanan penerimaan tamu.

Baca juga: 5 Karakteristik Virtual Office yang Harus Anda Tahu

virtual office voffice

Keuntungan Kantor Virtual

Secara spesifik ada 5 keuntungan yang dapat diperoleh dengan keberadaan kantor virtual:

  1. Pengurangan biaya operasional perusahaan seperti lokasi dan ruang tempat usaha, biaya peralatan kantor, gaji karyawan.
  2. Kantor virtual menggunakan jaringan komunikasi formal, seluruh bentuk komunikasi terjadi melalui kantor virtual tercatat secara formal.
  3. Rapat atau pertemuan dapat dilakukan melalui konferensi telekonferensi dan video, dan dokumen dapat ditransmisikan secara elektronik.
  4. Pengurangan halangan aktivitas kerja seperti hujan, jalan macet, tempat jauh sudah tidak dapat lagi menjadi alasan untuk tidak bekerja.
  5. Keuntungan sosial dari kantor virtual adalah memberikan kesempatan dan kemampuan bekerja untuk individu yang memiliki tanggungan anak-anak kecil, penyandang disabilitas, maupun lanjut usia.

Baca Juga: 5 Kelebihan Virtual Office untuk Bisnis Anda

Mewujudkan suatu kantor virtual berarti mempersiapkan infrastruktur otomasi perkantoran, melakukan definisi ulang (redefine) proses kerja kantor, serta mempersiapkan kondisi karyawan untuk bekerja melalui kantor virtual. Definisi ulang proses kerja dan persiapan kondisi karyawan tentunya akan melibatkan proses manajemen yang cukup kompleks, terlebih bagi perusahaan yang selama ini beroperasi dengan cara tradisional. Sedangkan infrastruktur otomasi perkantoran, meskipun tetap melibatkan proses manajemen, lebih sering dipandang dari segi teknis integrasinya.

Baca Juga: 9 Fasilitas Virtual Office yang Membantu Bisnis Anda

Jadi, apakah Anda tertarik untuk menyewa virtual office?

Jika iya, Anda bisa menghubungi tim vOffice. Kami menyediakan layanan virtual office di berbagai lokasi bergengsi di Indonesia.

Berikut ini pilihan lokasi strategis dari vOffice untuk virtual office di Indonesia:

Tunggu apa lagi? Hubungi kami sekarang dan dapatkan berbagai penawaran menarik!

    Anda Punya Pertanyaan?