7 Fasilitas Kantor Yang Wajib Ada untuk Bekerja

fasilitas kantor untuk bekerja

Demi kenyamanan karyawan dan diri sendiri, seorang pemilik bisnis tentunya wajib menyediakan fasilitas kantor yang mumpuni. Meski demikian, bukan berarti Anda harus menyediakan semua fasilitas kantor secara bersamaan. Anda tetap perlu mempertimbangkan kebutuhan kantor saat ini. Anda bisa melakukannya secara bertahap sesuai dengan anggaran yang ada.

Baca Juga: 5 Perbedaan Serviced Office dengan Virtual Office

Pengertian Fasilitas Kantor

Fasilitas kantor adalah segala sesuatu yang dinikmati, dipakai, ditempati, dan dimanfaatkan oleh karyawan, baik yang berkaitan dengan pekerjaan maupun menunjang kelancaran proses bekerja.

Karyawan harus bisa mengakses fasilitas kantor dengan mudah dan sumbernya tidak terbatas. Dengan begitu, karyawan bisa menggunakan fasilitas saat bekerja agar hasil kerjanya maksimal dan selesai tepat waktu.

Maka, memiliki fasilitas kantor untuk bekerja yang memadai jadi salah satu faktor penentu yang dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Artinya, Anda tidak bisa hanya menuntut karyawan untuk memberikan hasil terbaik, jika belum memfasilitasi kebutuhan mereka untuk bekerja.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Entrepreneur Pilih Serviced Office Dibanding Ruko

7 Fasilitas Kantor untuk Bekerja yang Harus Ada

Seperti telah disebutkan sebelumnya, pengadaan fasilitas kantor untuk karyawan bisa dilakukan sesuai kebutuhan. Namun, ada beberapa fasilitas dasar yang wajib tersedia di semua kantor.

Apa saja fasilitas kantor tersebut? Ini daftarnya.

Koneksi internet

Contoh fasilitas kantor pertama adalah internet. Apa pun bisnis yang Anda geluti, koneksi internet kini sudah menjadi kebutuhan dasar. Mulai dari mencari berita dan informasi, berkomunikasi dengan kolega dan klien, memperbarui status di media sosial, sampai mengunggah foto dan video sebagai sarana promosi.

Saat internet mati, nyaris semua pekerjaan terhambat. Jadi, pilih provider internet andal yang bisa menjawab kebutuhan mengakses internet di kantor.

Baca Juga: 22 Gedung Perkantoran Terbaik di Jakarta

Meja kerja

Salah satu sarana dan fasiitas kerja perkantoran adalah meja kerja. Kalau Anda senang dengan ruang kerja terbuka, meja kerja besar dengan kursi-kursi ergonomis cukup sebagai tempat bekerja. Namun, tidak semua bagian kantor ideal dengan jenis meja demikian.

Misalnya, bagian keuangan. Anda perlu menyediakan kubikal khusus untuk tempat mereka bekerja, lengkap dengan safety box dan rak penyimpanan dokumen terkait urusan finansial. Dengan begitu, hanya staf keuangan saja yang bisa mengakses area ini.

Laptop

Laptop juga jadi fasilitas kantor untuk bekerja yang wajib ada. Pasalnya, tidak semua karyawan memiliki laptop pribadi. Dengan memakai laptop kantor, mereka bisa bekerja lebih fleksibel di mana pun mereka berada.

Keberadaan laptop akan mempermudah tugas karyawan saat harus meeting dengan klien dan mempresentasikan proyek. Jangan lupa inventaris dahulu berapa laptop yang Anda beli sebelum diberikan kepada karyawan ya.

Baca Juga: Apa Pentingnya Kantor untuk Pengusaha? Simak Detailnya

Printer dan mesin fotokopi

Walaupun zaman sekarang semua serba digital, keberadaan printer dan mesin fotokopi tetap dibutuhkan. Anda memerlukan printer untuk mencetak dokumen penting, surat resmi, atau kebutuhan lain terkait administrasi perkantoran.

Pemakaian mesin fotokopi juga masih berhubungan erat dengan administrasi perkantoran. Kabar baiknya, Anda tidak harus membeli mesin ini karena tersedia jasa penyewaan mesin fotokopi yang bisa disesuaikan dengan volume pemakaian kantor. Tentu bakal menghemat biaya operasional, kan?

Baca Juga: Gedung Kantor Modern: Ciri-Ciri dan Tipsnya

Ruang Rapat

Sekalipun Anda penyuka konsep ruang kerja terbuka, keberadaan ruang rapat tetap penting. Ada banyak hal dalam aktivitas kantor yang membutuhkan privasi dan tidak mungkin mendiskusikannya di ruang terbuka.

Contoh, sebagai tempat wawancara calon karyawan, diskusi proyek, briefing tim, hingga percakapan pribadi terkait pekerjaan yang tidak perlu diketahui karyawan lain.

Baca Juga: Begini Desain Kantor Minimalis, Kekinian dan Bikin Betah!

Dapur

Bekerja selama 7-8 jam setiap hari membuat kantor serasa rumah kedua. Dapur jadi fasilitas kantor untuk bekerja berikutnya yang harus Anda sediakan.

Tidak perlu terlalu luas, tetapi fungsional. Sediakan beberapa perangkat dapur, seperti lemari es, microwave, dispenser dengan air panas, kompor, peralatan masak, peralatan makan, sampai mesin pembuat kopi.

Karyawan pun boleh membawa makanan sendiri atau memasak makanan cepat saji sebagai pengganjal perut. Kalau urusan perut aman, dijamin mereka lebih fokus bekerja!

Toilet

Ruangan lain yang juga harus ada tentu saja toilet. Mustahil kan karyawan Anda tidak buang air sama sekali selama berada di kantor. Apalagi, jika tempat kerja dirancang berpendingin ruangan.

Toilet kantor tidak harus didesain mewah. Lebih penting memastikan toilet terjaga kebersihan dan harum sehingga nyaman digunakan. Pertimbangkan juga berapa jumlah toilet yang ideal dibandingkan dengan besar kantor dan jumlah karyawan.

Oya, beberapa kantor juga menyediakan kamar mandi supaya karyawan bisa menyegarkan diri sebelum atau setelah selesai bekerja. Biasanya, kamar mandi dimanfaatkan mereka yang bersepeda atau harus berangkat pagi-pagi buta dari rumah menuju kantor.

Demikian 7 fasilitas kantor untuk bekerja yang harus ada. Kehadiran fasilitas tersebut tentu akan membuat karyawan Anda betah bekerja dan siap menunjukkan kinerja terbaiknya. Bagi Anda yang memiliki usaha namun belum memiliki kantor, serviced office vOffice bisa menjadi solusi yang tepat karena anda bisa memiliki kantor dengan konsep langsung siap pakai dengan fasilitas lengkap. vOffice juga menyediakan seluruh kebutuhan Anda dalam berbisnis di lokasi bergengsi CBD tanpa harus repot.

Berbagai lokasi yang strategis untuk sewa kantor/serviced office di Indonesia bisa Anda cek di laman berikut ini:

Tunggu apa lagi? Hubungi kami sekarang dan dapatkan berbagai penawaran menarik!