Bikin Nyaman, Simak Tips Tata Ruang Kantor

tata ruang kantor

Hampir semua karyawan kantor menghabiskan separuh waktunya di dalam ruangan kantor. Oleh sebab itu, tata ruang kantor perlu dirancang dengan mempertimbangkan kenyamanan karyawan. Karena dengan menyediakan lingkungan kerja yang nyaman, otomatis produktivitas dan efisiensi kerja pegawai juga akan meningkat.

Baca Juga: 22 Gedung Perkantoran Terbaik di Jakarta

Tips Tata Ruang Kantor Berdasarkan Desain

Berikut adalah tips mengatur tata ruang kerja berdasarkan desain yang bisa Anda gunakan sebagai inspirasi.

  1. Desain kantor terbuka (open office)

Desain kantor yang satu ini merupakan yang paling populer dan banyak diterapkan di berbagai jenis perusahaan, terutama oleh perusahaan yang bergerak di bidang kreatif dan startup teknologi, seperti Digital Hub BSD City. Bahkan sejumlah organisasi besar yang sedang dirintis juga menggunakan konsep kantor terbuka.

Sesuai dengan namanya, kantor dengan tata ruang terbuka lebih mengutamakan ketersediaan ruang terbuka. Jadi, tidak ada yang namanya dinding pembatas layaknya kantor berkonsep kubikel.

Beberapa perusahaan biasanya menggunakan meja panjang untuk menerapkan konsep open office. Ada pula yang menggunakan meja individu namun penataannya dibuat sejajar agar terkesan luas. Selain penataan furnitur, kantor dengan desain terbuka juga harus memiliki pencahayaan yang cukup.

Open office bisa menjadi pilihan ideal bagi perusahaan dengan kantor yang sempit. Selain itu, konsep tata ruang ini juga lebih hemat biaya dan mudah untuk diterapkan. Di sisi lain, kantor terbuka dapat meningkatkan efisiensi kerja dan kualitas komunikasi profesional antar karyawan di tempat kerja.

Ada kelebihan, ada pula kekurangan. Hal ini juga berlaku untuk desain kantor terbuka. Tidak adanya dinding pemisah membuat karyawan sulit menjaga privasi. Selain itu juga bisa menimbulkan banyak gangguan bagi sejumlah karyawan yang sulit berkonsentrasi di tempat terbuka.

Baca Juga: 7 Fasilitas Kantor Yang Wajib Ada untuk Bekerja

  1. Desain kantor tertutup (cubicle)

Tata ruang kantor berikut ini juga dikenal dengan sebutan kantor bilik. Desain kantor tertutup merupakan salah satu yang paling sering diterapkan di perusahaan atau organisasi formal. Berbanding terbalik dengan kantor terbuka, kantor dengan desain tertutup menggunakan dinding partisi untuk memisahkan meja kerja masing-masing karyawan.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, penggunaan partisi akan menciptakan formasi meja berjajar. Otomatis tata ruang ini akan membutuhkan ruangan yang lebih luas. Namun, bukan berarti itu tidak cocok untuk kantor yang sempit.

Penggunaan sekat yang terbuat dari kaca bisa menjadi solusi untuk kantor sempit yang ingin menerapkan konsep cubicle. Keberadaan sekat kaca ini bisa membuat ruangan terkesan luas. Selain itu, partisi kaca juga bisa meredam dan menyerap suara.

Keuntungan menggunakan konsep kantor ini adalah privasi yang lebih terjaga. Di samping itu, konsentrasi karyawan juga tidak akan mudah terganggu. Kelemahan utamanya hanya terletak pada biaya dan pengaplikasiannya saja.

Saat ini, kantor bilik, khususnya yang menggunakan partisi kaca, sudah banyak digunakan pada bangunan kantor modern. Salah satunya adalah Pakuwon Tower yang menggunakan sekat kaca untuk menampilkan ruang kerja eksklusif.

Baca Juga: Begini Desain Kantor Minimalis, Kekinian dan Bikin Betah!

  1. Desain kantor bersama (coworking space)

Tata ruang kantor yang berikut ini kerap digunakan oleh para pekerja lepas. Nah, bagi Anda yang baru merintis usaha dan terkendala masalah kantor, coworking space bisa menjadi salah satu pilihan yang ideal.

Sewa Coworking space ibarat menyewa kantor yang di dalamnya terdapat semua kebutuhan bisnis. Di antaranya seperti ruang pertemuan, furnitur pendukung efektivitas kerja, perangkatan teknologi, dan lain sebagainya.

Biasanya coworking space juga dilengkapi dengan elemen-elemen unik. Di antaranya seperti tanaman hias, dekorasi yang dapat memotivasi kerja, dan lain sebagainya. Penggunaan pernak-pernik ini juga cocok diterapkan untuk desain kantor lainnya.

Baca Juga: Gedung Kantor Modern: Ciri-Ciri dan Tipsnya

  1. Desain kantor gabungan (hybrid office)

Tata ruang kantor yang satu ini bisa menjadi pilihan ideal bagi perusahaan-perusahaan yang ingin memaksimalkan pemanfaatan ruang. Dengan konsep ini, Anda bisa menerapkan lebih dari satu jenis tata ruang sekaligus.

Salah satu bentuk penerapan hybrid office adalah penggabungan konsep kantor terbuka dengan tertutup. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan sebagian ruang untuk menciptakan ruangan berbilik. Sementara sisanya digunakan sebagai ruang terbuka atau ruang kerja bersama yang didesain secara inovatif.

Tata ruang ini membuat kantor menjadi tidak monoton dan lebih dinamis. Karyawan pun dapat bebas memilih ruangan yang ingin digunakan untuk bekerja. Kekurangannya, penerapan konsep ini harus dikerjakan oleh profesional dengan biaya yang tentunya tidak murah. Terlebih lagi untuk perusahaan berskala kecil yang masih dirintis.

Itu tadi informasi mengenai tata ruang kantor yang bisa Anda jadikan inspirasi. Bagi Anda yang memiliki usaha namun belum memiliki kantor, serviced office vOffice bisa menjadi solusi yang tepat. Dengan vOffice, Anda bisa memiliki kantor dengan konsep langsung siap pakai dengan fasilitas lengkap. vOffice juga menyediakan seluruh kebutuhan Anda dalam berbisnis di lokasi bergengsi CBD tanpa harus repot. Jika anda ingin mendirikan PT, vOffice juga bisa membantu pendirian PT anda.

Tertarik untuk menyewa kantor? Simak berbagai lokasi yang strategis untuk sewa kantor/serviced office di Indonesia bisa Anda cek di laman berikut ini:

Tunggu apa lagi? Hubungi kami sekarang dan dapatkan berbagai penawaran menarik!