6 Aplikasi Pendukung untuk Work from Home

aplikasi pendukung work from home / wfh

Selama pandemi, banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan WFH (Work from Home) bagi para karyawannya. Setelah kondisi membaik, sistem kerja ini ternyata masih populer, bahkan makin banyak digunakan karena terbukti bisa membantu karyawan untuk mendapatkan work-life balance yang lebih baik.

Namun di sisi lain, aktivitas WFH juga memiliki sejumlah tantangan. Beberapa manajer mengaku bahwa karyawan merasa kesulitan untuk menjaga produktivitas mereka di sepanjang hari, baik itu karena mereka harus mengurus hal-hal pribadi di rumah, memprioritaskan tugas, hingga menghindari gangguan. Beberapa karyawan justru merasa bekerja dari rumah lebih sulit dari kelihatannya.

Untungnya saat ini ada berbagai aplikasi pendukung WFH yang bisa Anda manfaatkan. Simak beberapa rekomendasinya berikut ini!

Ketika sedang bekerja jarak jauh termasuk WFH, Anda tentu memerlukan aplikasi yang bisa membantu menjaga komunikasi dengan atasan atau rekan kerja. Slack sendiri merupakan aplikasi perpesanan yang dirancang untuk bisnis. Gunanya adalah untuk menghubungkan para karyawan dengan informasi yang mereka butuhkan. 

Keberadaan Slack akan membantu Anda dan tim melakukan komunikasi dan kolaborasi dalam pekerjaan. Slack menyediakan 2 mode obrolan yakni obrolan grup atau channel dan pesan langsung atau direct message

  • Notion

Notion adalah sebuah platform yang bisa membantu Anda mengelola berbagai tugas dengan lebih mudah dan teratur. Ada banyak sumber online gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk mengunduh template Notion yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan detail pekerjaan Anda sendiri dan Anda akan memiliki kalender, daftar tugas serta board yang bisa diisi dengan daftar pekerjaan. Adanya kalender akan memudahkan Anda untuk melacak tugas mana yang belum selesai atau harus diselesaikan sesegera mungkin.

  • Zoom

Selama aktivitas WFH, Anda dan tim di perusahaan tentu tidak bisa melakukan rapat atau brainstorming secara tatap muka. Meskipun diskusi mungkin bisa dilakukan lewat chat atau panggilan suara, namun adakalanya Anda membutuhkan waktu face to face dengan tim. Untungnya saat ini ada banyak aplikasi video conference yang bisa Anda gunakan, salah satunya adalah Zoom. 

Zoom merupakan aplikasi video conference yang akan membantu Anda tetap berhubungan dengan rekan kerja sehingga bisa mendapatkan waktu tatap muka yang Anda butuhkan. Anda bisa menjadwalkan rapat, workshop, membuat webinar berbasis video, mengumpulkan orang-orang dalam ruang konferensi virtual bahkan menggunakannya untuk melakukan panggilan biasa.

Manfaatkan Zoom untuk tetap terhubung dengan rekan kerja dan klien Anda selama Work from Home.

  • Forest Focus

Aplikasi seperti Forest Focus sangat bagus untuk membantu Anda fokus kembali dalam menyelesaikan pekerjaan. Saat bekerja dari rumah, Anda mungkin tahu bahwa berbagai gangguan bisa mendistraksi Anda dari hal-hal yang penting. Kadang melawan gangguan ini bisa jadi sulit dan penuh tantangan.

Gunakan aplikasi Forest Focus untuk menanam tanaman digital yang akan tumbuh seiring dengan tingkat fokus Anda. Jika Anda fokus, Anda bisa mendapatkan koin yang bisa dimanfaatkan untuk penanaman pohon di dunia nyata. Tidak hanya bisa memberikan manfaat bagi komunitas lingkungan, aplikasi Forest Focus juga akan memberi Anda statistik yang detail tentang bagaimana Anda menghabiskan waktu serta seberapa produktif Anda.

  • Clockify

Clockify dari COING yang berbasis di Palo Alto merupakan perangkat lunak pelacak waktu dan timesheet yang bisa digunakan oleh karyawan untuk berbagai skala bisnis. Clockify memungkinkan pengguna untuk melacak seberapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk mengerjakan tugas serta melacak penyelesaian proyek, laporan dan jadwal.

Clockify tidak hanya tersedia dalam bentuk aplikasi tapi juga situs web. Anda bisa menggunakan ekstensi untuk setiap browser yang Anda gunakan. Anda juga bisa memasukkan tarif per jam untuk mengetahui seberapa banyak uang yang Anda hasilkan dari pekerjaan Anda. 

Clockify juga memungkinkan Anda mengundang rekan kerja yang mungkin sedang mengerjakan proyek yang sama dengan Anda. Anda kemudian bisa dengan mudah menggunakannya sebagai laporan waktu pengerjaan kepada atasan.

  • Monday.com

Monday.com merupakan alat manajemen proyek yang bisa membantu Anda mengatur tugas dengan mudah di dalam tim. Jika Anda bekerja dari jarak jauh dan bekerja dalam tim, Anda membutuhkan cara yang efektif untuk mengatur dan mendistribusikan tugas pada setiap orang.

Semua anggota tim kemudian bisa menyinkronkan semua pekerjaan yang dilakukan bersama di Monday.com dan menandai saat semua tugas sedang dikerjakan atau sudah selesai. Dengan cara ini, setiap orang dapat mengetahui status setiap proyek.

Itulah beberapa aplikasi pendukung Work from Home/WFH yang bisa Anda manfaatkan. Optimalkan kerja tim Anda dengan memanfaatkan fasilitas virtual office dari vOffice. vOffice tersedia di kota-kota besar meliputi virtual office jakarta, virtual office tangerang, virtual office bekasi, virtual office bandung, virtual office surabaya, virtual office medan, virtual office bali. Jika anda ingin mendirikan PT, vOffice juga bisa membantu pendirian PT anda.

Hubungi vOffice sekarang juga!