UMKM merupakan sektor yang sangat penting bagi perekonomian negara. Selain menyediakan jaring pengaman bagi masyarakat dengan penghasilan rendah, UMKM juga membantu menyumbang PDB (Produk Domestik Bruto) yang sangat besar. Sayangnya, banyak pengusaha UMKM yang memiliki keterbatasan modal gagal berkembang karena tidak punya kantor sendiri.
Seperti yang kita ketahui, alamat domisili usaha adalah salah satu persyaratan perizinan yang wajib dipenuhi oleh pengusaha UMKM. Jika Anda termasuk salah satu pelaku UMKM yang mengalami kesulitan ini, virtual office bisa jadi solusi. Apa saja keuntungan virtual office bagi pengusaha mikro, kecil dan menengah?
Baca Juga: Cara Membuat NIB bagi UMKM: Panduan Lengkap Pendaftarannya
Menjadikan Bisnis Anda Terlihat Profesional
Ketika Anda ingin melakukan kerja sama dengan klien besar, misalnya untuk kebutuhan ekspor barang, hal yang pertama kali harus diperhatikan adalah: bisnis Anda harus terlihat profesional. Memiliki alamat kantor yang kredibel, nomor telepon serta resepsionis yang menjawab panggilan untuk Anda akan memberikan kesan bahwa bisnis Anda memang bisa dipercaya.
Fasilitas Seperti Kantor Tradisional dengan Biaya yang Lebih Fleksibel
Membuat kantor fisik sendiri akan membutuhkan biaya yang tak sedikit. Sewa gedung, membeli perlengkapan, membuat ruang meeting, dan mempekerjakan orang akan memberikan beban finansial yang besar pada bisnis Anda. Belum lagi jika kantor yang Anda buat tidak selalu digunakan. Anda masih perlu mengeluarkan biaya maintenance yang tak sedikit.
Dengan virtual office, biaya kantor jadi lebih fleksibel karena hanya membayar apa yang Anda gunakan saja dan ini bisa menghemat biaya operasional hingga 90%. Selain harga, virtual office juga bisa mendukung fleksibilitas kerja karena tidak harus selalu berada di kantor. Anda bisa bekerja dari mana saja dan biarkan penyedia layanan virtual office mengurus masalah di kantor untuk Anda.
Dapatkan Semua Layanan yang Anda Butuhkan
Layanan virtual office tidak hanya dibutuhkan untuk memperoleh alamat kantor untuk legalitas. Anda juga bisa memanfaatkan layanan call center, resepsionis, mail handling dan lain sebagainya.
Meningkatkan Citra Bisnis di Mata Publik
Bagi UMKM, citra bisnis dan branding adalah hal yang sangat penting untuk bisa berekspansi. Anda bisa melakukannya lewat kantor virtual. Alamat kantor di lokasi strategis dan bergengsi, sewa ruang meeting dengan fasilitas lengkap serta berbagai layanan lain akan membuat image perusahaan Anda semakin baik di mata publik, klien maupun konsumen Anda.
Lalu, di mana Anda bisa mendapatkan semua layanan dan kemudahan di atas? vOffice adalah jawabannya. Manfaatkan waktu Anda secara efektif untuk menjalankan usaha tanpa perlu mengkhawatirkan soal kantor fisik. Diskusikan apa yang Anda butuhkan pada kami sekarang juga!
Kunjungi laman kami untuk info lebih lenajut terkait penyewaan virtual office di Indonesia.