Tips Sukses Memulai Bisnis Online

memulai bisnis online

Pesatnya perkembangan teknologi dalam beberapa dekade belakangan menstimulasi munculnya perusahaan rintisan (start up) yang berkembang menjadi Unicorn. Fakta ini tentu saja membuat orang tertarik untuk memulai bisnis berbasis online meskipun bentuknya bukan start up.

Selain potensi untung yang lumayan tinggi, efisiensi ruang dan waktu juga menjadi alasan mengapa membangun sebuah bisnis online dirasa pilihan paling tepat di era digital seperti saat ini. Seperti halnya bisnis konnvensional, membangun sebuah bisnis berbasis internet tidaklah mudah.

Ada banyak sekali tantangan yang harus dihadapi supaya bisnis bisa berkembang sebagaimana yang diharapkan. Bagaimana, tertarik untuk memulai sebuah bisnis berbasis internet? Di bawah ini ada beberapa tips memulai bisnis online yang bisa menjadi referensi. Berikut ulasannya!

Baca Juga: 16 Tips Cara Menjadi Pengusaha Sukses dari nol

1. Tentukan Jenis Bisnis

Sebagai langkah awal, tentukan terlebih dahulu bisnis apa yang ingin Anda jalankan. Jika ingin berjualan, tentukan pula barang apa yang akan diperjualbelikan. Apakah sepatu, tas, makanan, atau bahkan mainan. Dengan mengetahui bentuk bisnis yang diinginkan atau barang apa yang akan dijual, langkah selanjutnya akan makin mudah.

Jika masih belum tahu ingin memulai bisnis berbasis online yang bagaimana, kita bisa menggunakan hobi atau keahlian sebagai ide bisnis. Misalnya Anda gemar memasak dan mencoba resep baru, bisnis kuliner online bisa jadi salah satu ide usaha yang dapat dijalankan.

2. Menyusun Rencana Bisnis

Langkah selanjutnya, buatlah rencana bisnis atau business plan yang matang. Anda tidak perlu membuat secara detail yang penting isinya mencakup tujuan bisnis dan faktor-faktor apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut. Biasanya, ada beberapa poin yang diikutsertakan dalam menyusun sebuah rencana bisnis, seperti:

  • Deskripsi bisnis
  • Potensi pasar dan analisa tentang hal tersebut
  • Produk dan layanan
  • Rencana marketing
  • Logistik dan Operasional
  • Rencana keuangan

Supaya hasilnya maksimal, jangan ragu untuk meminta saran atau bantuan dari orang yang lebih berpengalaman. Hal ini akan membuat rencana bisnis kita lebih efektif dan mudah diterapkan.

3. Riset Pasar

Setelah dua langkah sebelumnya dilakukan, tips selanjutnya adalah lakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan dan potensi pelanggan. Pelajari produk populer yang beredar dan pola yang digunakan produk tersebut dalam jual beli. Riset termasuk penting karena dari hal ini kita bisa mengevaluasi kenanpuan produk dan melakukan sejumlah inovasi.

Tidak hanya dari segi peningkatan kualitas, riset dibutuhkan dalam memulai bisnis online untuk menentukan target pelanggan. Dengan mengetahui jenis pelanggan berdasarkan usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan pendapatan, kita bisa menentukan strategi marketing yang mampu memberikan hasil maksimal.

4. Menentukan Platform untuk Berjualan

Jika jenis bisnis online yang dipilih adalah jual beli, langkah selanjutnya adalah menentukan platform berjualan. Mengingat berbasis online kita butuh toko virtual. Apabila masih memiliki keterbatasan untuk membuat website toko online, kita bisa mulai berjualan di beberapa marketplace.

Mengingat banyak sekali marketplace sukses di Indonesia, hal ini tidak sulit dilakukan. Anda bisa memiliki toko di lebih dari satu marketplace jika ingin jangkauan pelanggan lebih luas. Dengan adanya marketplace, setiap transaksi bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus menyediakan fitur atau sistem yang dibutuhkan dalam jual beli online.

5. Manfaatkan Jasa Virtual Office

Lain halnya jika bisnis yang dipilih bukan jenis jual beli, seperti bisnis layanan kosultasi hukum atau keuangan. Untuk koordinasi dan merancang strategi dengan karyawan lain, kita butuh sebuah kantor. Mengingat basis bisnisnya internet, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan jasa virtual office.

Virtual office atau kantor virtual menawarkan banyak fitur memadai yang dapat melancarkan usaha kita dalam membangun bisnis. Bagi yang dananya terbatas, pengunaan kantor virtual tentu menjadi solusi terbaik. Tanpa harus memiliki bangunan fisik, kita bisa bekerja dari mana saja secara efektif dan efisien.

Keuntungan lain memiliki virtual office adalah, kita bisa menghemat biaya operasional hinggal 90%. Setiap bulan, kita tidak perlu mengeluarkan dana untuk membayar listrik, perawatan gedung, air, pajak, dan biaya keamanan. Dananya bisa dialihkan untuk keperluan marketing sehingga produk bisa lebih dikenal masyarakat.

Nah, itulah beberapa tips memulai bisnis online yang bisa dijadikan referensi. Sebagai informasi, Anda bisa menggunakan jasa vOffice untuk memiliki kantor virtual. vOffice tersedia di kota-kota besar meliputi virtual office jakarta, virtual office tangerang, virtual office bekasi, virtual office bandung, virtual office surabaya, virtual office medan, virtual office bali. Jika anda ingin mendirikan PT, vOffice juga bisa membantu pendirian PT anda.