Mau Bikin Bisnis Baru? Kenali Dulu Pengaruh Virtual Office pada Perusahaan Anda

pengaruh virtual office terhadap perusahaan

Memulai bisnis baru membutuhkan sejumlah persiapan, baik itu persiapan materi maupun mental. Dari segi materi, Anda membutuhkan kantor, bukan hanya sebagai tempat melakukan kegiatan operasional, tapi juga untuk kelengkapan administrasi. Bagi Anda yang belum memiliki gedung sendiri, virtual office bisa jadi pilihan terbaik untuk Anda. Namun sebelumnya, Anda perlu mengetahui apa manfaat virtual office pada perusahaan.

Pengaruh virtual office pada perusahaan bisa kita lihat dengan makin banyaknya orang yang memilih kantor virtual ini. Sekarang, siapa saja bisa mendirikan perusahaan sendiri dengan mudah dan cepat lewat layanan virtual office. Ini tentu akan menciptakan lapangan kerja baru sekaligus memperluas peluang untuk berinovasi.

Lalu, apa saja pengaruh virtual office pada perusahaan? Simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan berikut ini!

Baca Juga: 5 Perbedaan Serviced Office dengan Virtual Office

Menurunkan Biaya Operasional

Pengaruh pertama dari virtual office adalah menurunkan biaya. Di tengah pertumbuhan perusahaan rintisan atau startup, popularitas virtual office makin meningkat. Sebagai perusahaan yang masih di tahap awal, pemilik startup umumnya hanya memiliki modal terbatas. Di sisi lain, berbagai kebutuhan termasuk gedung untuk aktivitas kerja dan ruang meeting tetap dibutuhkan agar perusahaan bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Untungnya kehadiran virtual office bisa menjadi solusi bagi masalah ini. Dengan menyewa kantor virtual, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa gedung kantor sendiri. Begitu juga biaya lain yang berhubungan dengan kegiatan operasional. Di kantor virtual, Anda bisa melakukan meeting secara online bahkan mengerjakan berbagai tugas lewat platform daring.

Dengan pengaruh virtual office pada perusahaan di atas, modal terbatas kini bukan lagi masalah. Anda tetap bisa memulai bisnis baru Anda lewat kantor virtual.

Baca Juga: Karakteristik Virtual Office yang Harus Anda Tahu

Biaya Overhead yang Lebih Sedikit

Selain menghapus biaya sewa gedung, Anda juga tidak perlu membeli perangkat fisik seperti meja, kursi, mesin printer dan tidak perlu membayar listrik maupun internet. Penghematan ini akan memengaruhi keuntungan margin perusahaan sehingga Anda bisa berinvestasi lebih banyak pada orang-orang yang Anda pekerjakan.

Memungkinkan Karyawan Bekerja dengan Lebih Fleksibel

Selain dampak secara langsung kepada perusahaan, konsep virtual office juga berperan pada fleksibilitas kerja karyawan. Lewat virtual office, karyawan Anda bisa menentukan sendiri jam kerja mereka tanpa harus terpaku pada waktu-waktu tertentu.

Para peneliti di University of Sydney’s School of Public Health di Australia merilis sebuah laporan yang menyebutkan bahwa duduk di depan meja selama lebih dari 11 jam dalam sehari bisa meningkatkan risiko kematian lebih dari 40 persen dalam tiga tahun ke depan, terlepas dari faktor lainnya.

Karyawan yang bekerja di luar kantor secara alami akan lebih banyak bergerak karena tidak terpaku pada meja dan kursi yang mereka duduki setiap harinya. Selain itu, mereka juga cenderung memiliki work-life balance yang lebih seimbang. 

Pada akhirnya, ini akan meningkatkan kepuasan kerja karyawan dan produktivitasnya. Ketika produktivitas karyawan meningkat, maka jelas perusahaanlah yang akan diuntungkan.

Tidak Perlu Menghabiskan Banyak Waktu di Jalan

Di kantor yang beroperasi secara konvensional–alias kantor fisik, semua orang yang bekerja dituntut untuk berangkat dan pulang kerja di waktu yang sama. Setiap harinya, kita bisa menghabiskan waktu dua sampai tiga jam setiap hari hanya untuk berangkat kerja.

Dengan sistem kantor virtual, karyawan bisa memilih bekerja dari mana saja yang mereka mau. Ini akan menghindarkan mereka dari kerepotan di jalan. Secara langsung, ini akan membuat karyawan lebih fokus (karena mereka tidak lelah) dan produktivitas pun bisa ditingkatkan.

Memiliki Kesempatan Merekrut Orang-orang Terbaik dari Berbagai Daerah

Ketika Anda memiliki sebuah bisnis baru, Anda jelas tidak bisa melakukannya sendiri. Anda membutuhkan orang lain yang bisa melakukan hal-hal lain yang tidak bisa Anda tangani sendiri. Lalu, bagaimana jadinya jika Anda membutuhkan seorang –misalnya tenaga desainer grafis yang mumpuni tapi di daerah Anda tidak ada yang memenuhi kriteria? Haruskah Anda mendatangkan orang lain dari luar kota dengan biaya yang tidak sedikit?

Jawabannya: tidak perlu jika Anda menggunakan virtual office. Anda bisa merekrut siapa pun yang Anda inginkan dari berbagai tempat di dunia. Ini membuka akses yang luas bagi Anda untuk mendapatkan sumber daya manusia terbaik bagi bisnis Anda.

Tidak Perlu Biaya Tambahan untuk Teknologi

Konsep BYOD (Bring Your Own Device) bermula dari sistem sekolah dan kini sudah merambah ke dunia bisnis. Dengan bekerja jarak jauh via kantor virtual, karyawan bisa memilih sendiri teknologi apa yang mereka sukai. Mereka juga bertanggung jawab untuk melakukan update untuk mendukung kenyamanan kerja mereka. Ini jelas akan memangkas biaya operasional Anda dalam jumlah yang tidak sedikit.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk menyewa virtual office?

Jika iya, Anda bisa menghubungi tim vOffice. Kami menyediakan layanan virtual office di berbagai lokasi bergengsi di Indonesia.

Berikut ini pilihan lokasi strategis dari vOffice untuk virtual office di Indonesia:

Tunggu apa lagi? Hubungi kami sekarang dan dapatkan berbagai penawaran menarik!

    Anda Punya Pertanyaan?