Apa saja keuntungan Bekerja dari Rumah (Work From Home)? Berikut Penjelasan dan Tipsnya!

Work From Home

Bekerja dari rumah (work from home) bukan lagi hal aneh sejak pandemi 3 tahun belakangan. Awalnya mungkin banyak yang kesulitan beradaptasi. Berkat dukungan teknologi yang makin mumpuni, bekerja dari rumah bukan lagi hal yang tidak bisa dilakukan.

Bahkan, saat ini, banyak orang lebih berminat melakukan pekerjaan mereka dari rumah. Sebuah survei membuktikan bahwa teknologi dan digitalisasi di segala lini membuat bekerja dari rumah memiliki hasil yang efektif sebagaimana bekerja di kantor.

Selain itu, ada beberapa manfaat bekerja dari rumah lainnya yang bisa kita rasakan. Berikut di antaranya:

1. Lebih Fleksibel

Bekerja dari rumah membuat lingkungan kerja kita lebih fleksibel. Saat bosan, Anda bisa pindah ke ruang tamu, ruang makan, atau tempat lain yang lebih nyaman. Jika saat bekerja di kantor kita butuh waktu selama 8 jam atau lebih, bekerja di rumah juga membuat waktu lebih efisien.

Kita bebas mengatur jam kerja secara efektif sesuai dengan load pekerjaan hari itu. Apabila bijaksana dalam mengatur jam kerja, bukan tidak mungkin pekerjaan selesai lebih cepat tanpa harus lembur atau mengambil waktu melebihi jam kerja. 

2. Lebih Hemat

Bekerja dari rumah juga membuat kita menghemat waktu dan biaya operasional untuk ke kantor. Jika biasanya Anda harus bangun pagi untuk menghindari macet, bekerja dari rumah akan membantu memangkas waktu tempuh ke kantor dan membuat pekerjaan bisa dimulai lebih cepat.

Dengan work from home kita juga tidak perlu mengeluarkan biaya operasional seperti ongkos transportasi pulang pergi, membeli makan siang, dan membeli jajanan untuk camilan di kantor. Uang yang biasanya dikeluarkan untuk bekerja ini bisa kita tabung sehingga ada dana darurat untuk berinvestasi.

3. Kehidupan Pekerjaan dan Pribadi Lebih Seimbang

Diakui atau tidak tekanan pekerjaan yang keras kerap membuat kita kesulitan membagi peran. Akibatnya tubuh mudah lelah dan pikiran sering stres. Dengan bekerja di rumah, hal ini tidak perlu terjadi. Mengerjakan semua kewajiban dari rumah akan membuat hidup kita lebih seimbang.

Anda jadi memiliki banyak waktu luang untuk keluarga atau diri sendiri. Bekerja dari rumah juga akan membuat kita lebih fokus dalam mengerjakan segala sesuatu karena tekanan yang dirasakan tidak sebesar ketika bekerja di kantor. Bukan tidak mungkin, hasil pekerjaannya pun lebih efisien dibandingkan ketika diselesaikan di kantor.

4. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Saat bekerja di kantor kita cenderung mengikuti instruksi tanpa banyak bertanya. Akibatnya kita menjadi pribadi yang pasif dan cenderung monoton. Meskipun terhalang ruang, saat bekerja di rumah kita justru bisa meningkatkan kemampuan komunikasi dengan baik.

Keterbatasan membuat kita mau tidak mau lebih luwes dan peka untuk menggunakan kemampuan berkomunikasi demi terselesaikannya pekerjaan secara baik. Jadi ketika nanti kembali bekerja di kantor, kemampuan komunikasi bisa lebih terasah dan kesempatan untuk meningkatkan karir pun semakin besar.

5. Terhindar dari Segala Jenis Gangguan

Ketika bekerja di kantor bukan tidak mungkin ada banyak gangguan yang membuat kita kurang fokus. Entah itu dari suara berisik yang ditimbulkan mesin atau rekan kerja, meeting yang menghabiskan waktu, suhu pendingin ruangan yang membuat tidak nyaman, hingga keterbatasan jam istirahat yang membuat kita tidak bisa melepaskan lelah sejenak.

Saat bekerja dari rumah, gangguan semacam ini bisa dihindari. Kita bisa menciptakan ruang kerja yang lebih nyaman, kondusif, dan sesuai keinginan. Tanpa adanya gangguan, hasil kerja yang dilakukan pun pasti maksimal. Anda juga bisa bekerja lebih efektif karena memiliki waktu istirahat cukup untuk sekadar melepas lelah atau menenangkan pikiran.

6. Kepuasan Kerja Meningkat

Diakui atau tidak, karyawan yang work from home pasti memiliki tingkat stres rendah dan kemampuan kerja lebih baik. Secara tidak langsung, situasi ini akan meningkatkan level kepuasan kerja karyawan sehingga mereka tidak mudah resign atau dipecat.

Perusahaan dengan karyawan loyal yang memadai tentu jadi nilai plus tersendiri. Hal tersebut menunjukkan bahwa kondisi internal perusahaan stabil sehingga investor tidak perlu khawatir muncul risiko-risiko yang mengakibatkan kinerja perusahaan menurun.

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, saat ini melakukan pekerjaan dari manapun semakin mudah berkat dukungan teknologi yang mumpuni. Salah satunya virtual office seperti vOffice. Dengan adanya teknologi semacam ini, bekerja dari rumah bukan lagi hal sulit.

Perusahaan bisa menyediakan virtual office untuk mengakomodasi kebutuhan karyawan dari mana saja sehingga biaya operasional perusahaan bisa dipangkas hingga 90%. Tanpa harus datang ke kantor, meeting juga bisa dilakukan secara efektif sehingga proyek dan program kerja perusahaan tetap terlaksana dengan baik.

vOffice tersedia di kota-kota besar meliputi virtual office jakarta, virtual office tangerang, virtual office bekasi, virtual office bandung, virtual office surabaya, virtual office medan, virtual office bali. Jika anda ingin mendirikan PT,  vOffice juga bisa membantu pendirian PT anda.