Mau Jadi Pekerja Kantoran? Cek Dulu 5 Kelebihan Kerja di Kantor

kelebihan kerja di kantor

Selepas lulus kuliah, menjadi pekerja kantoran jadi salah satu pilihan umum di dunia kerja. Bekerja di gedung tinggi, mengenakan pakaian rapi dan lanyard, bertemu orang-orang penting, hingga bekerja di perusahaan besar, kerap diimpikan banyak orang. 

Namun demikian, setiap pekerjaan atau profesi tentu ada sisi positif dan negatifnya. Tidak semua pekerjaan mudah dilakukan, tetapi bisa Anda jalani jika mau menyelami kelebihannya. Lantas, apa saja kelebihan kerja di kantor? Berikut daftar pendeknya. 

1. Manajemen Waktu Lebih Teratur

Kelebihan kerja di kantor yang paling terasa adalah bagaimana Anda dilatih untuk mengelola waktu dengan baik. Ya, aktivitas kantor biasanya mempunyai jam tetap, seperti masuk pukul 08.00 dan pulang pukul 17.00 setiap hari kerja. 

Mau tidak mau Anda pun harus menyesuaikan diri dengan jam kerja tersebut. Bahkan, pikiran Anda pun berproses mengikuti jam kerja. Otomatis otak akan mengatur mode kerja saat berada di kantor sehingga tugas, deadline, rapat rutin, sampai pertemuan dengan klien bisa dilaksanakan tepat waktu. 

Anda juga lebih leluasa membagi waktu antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Karena jam kerja relatif jelas batasannya, Anda dapat menggunakan waktu di luar jam kerja untuk hobi, me-time, maupun berkumpul dengan keluarga tanpa terdistraksi pekerjaan.

Baca Juga: Begini Desain Kantor Minimalis, Kekinian dan Bikin Betah!

2. Melatih Komunikasi Interpersonal dan Intrapersonal

Kelebihan kerja di kantor yang menguntungkan Anda secara pribadi adalah melatih komunikasi interpersonal maupun intrapersonal. Kerja kantoran mengharuskan Anda bertemu banyak orang yang sebelumnya tidak dikenal. Mulai dari rekan satu divisi, rekan divisi lain, pihak manajemen dan pimpinan, klien, hingga vendor. 

Lantaran sering bertemu, kemampuan komunikasi Anda pun jadi terlatih. Anda terbiasa bertemu orang baru, membangun percakapan dan kedekatan, berdiskusi, berempati dan memahami situasi orang lain, dan bernegosiasi. Tanpa disadari kemampuan komunikasi ini akan terbentuk selama Anda aktif bekerja di kantor.

Begitu pula dengan kemampuan memahami diri sendiri atau intrapersonal. Jam terbang di pekerjaan membuat Anda paham mana cara kerja terbaik atau cara bersikap dan menangani situasi tertentu. Keterampilan berkomunikasi inilah yang menjadi salah satu kompetensi Anda sebagai pekerja profesional. 

3. Punya Meja Kerja Sendiri

Ya, punya ruang kerja sendiri jadi keuntungan berikutnya yang bisa Anda nikmati. Ruang di sini tidak melulu ruang kecil berbentuk kubikal. Walau hanya berupa meja kerja, tetapi itulah “ruang” tempat Anda menyelesaikan pekerjaan kantor sehari-hari. 

Anda pun leluasa menata meja dengan pernak-pernik favorit. Meja kerja menjadi tempat Anda mengekspresikan diri sekaligus menghadirkan privasi di kantor. Jadi, sesama rekan kerja tahu dan menghargai “teritori” Anda di kantor.

Lebih lanjut, meja kerja bukan cuma sebagai penanda itu tempat kerja Anda. Namun, juga menjadi semacam penyemangat, membantu diri lebih fokus, dan memotivasi bekerja sehingga produktivitas Anda bisa lebih meningkat.

Baca Juga: 7 Fasilitas Kantor Yang Wajib Ada untuk Bekerja

4. Mandiri Secara Finansial

Mandiri secara finansial juga boleh disebut sebagai kelebihan kerja di kantor. Pasalnya, kerja kantoran menjanjikan penghasilan tetap yang rutin masuk ke rekening Anda setiap bulan. Dengan tanggung jawab dan jadwal kerja yang pasti, Anda pun menerima besaran gaji spesifik. 

Inilah bentuk keamanan finansial yang agak sulit ditandingi oleh pekerjaan lain, seperti pekerja lepas atau pengusaha sekalipun. Namun, tantangan terbesarnya ada pada kebijaksanaan Anda mengelola keuangan pribadi. 

Menerima gaji bulanan berarti pemasukan tetap, tetapi jangan sampai malah lebih besar pengeluaran daripada pemasukan. Selalu prioritaskan gaji untuk kebutuhan primer, cicilan utang jika ada, dan investasi. Selebihnya, baru Anda belanjakan guna memenuhi kebutuhan sekunder. 

5. Memahami Seluk Beluk Bisnis

Bekerja sebagai karyawan kantoran membantu Anda memahami seluk beluk bisnis perusahaan tempat Anda bekerja. Apalagi, sebagai orang dalam Anda jadi mengerti bagaimana bisnis tersebut dijalankan dari A sampai Z. 

Pengalaman ini menjadi kelebihan kerja di kantor yang dapat menjadi bekal jika suatu hari Anda membuka bisnis sendiri. Contoh, Anda bekerja di biro konsultasi psikologi. Dari situ Anda tahu layanan apa saja yang biasa ditawarkan kepada klien pribadi maupun klien perusahaan. Anda pun memahami bagaimana memasarkan jasa di bidang psikologi kepada target pasar yang tepat. 

Di sisi lain, pengalaman kerja di kantor juga membawa Anda berkenalan dengan kolega, rekanan, sampai klien. Ini akan memperluas networking Anda sebagai seorang profesional. Bukan tak mungkin Anda bakal membutuhkan koneksi dengan mereka dalam menjalani karier di masa mendatang. 

Demikian kelebihan kerja di kantor yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam melanjutkan karier. Nah, jika Anda berpikir untuk merintis kantor sendiri sambil menjalani passion yang sudah ditekuni, pilih kantor serviced office vOffice bisa menjadi solusi yang tepat. Dengan vOffice, Anda bisa memiliki kantor dengan konsep langsung siap pakai dengan fasilitas lengkap. vOffice juga menyediakan seluruh kebutuhan Anda dalam berbisnis di lokasi bergengsi CBD tanpa harus repot.

Tunggu apalagi, hubungi vOffice sekarang!