Ide Bisnis Rumahan Paling Hits Tahun Ini!

Bisnis Rumahan

Memulai bisnis rumahan kini makin mudah berkat teknologi, media sosial, dan meningkatnya tren belanja online. Akan tetapi, memilih ide bisnis yang tepat bisa menentukan kesuksesan usaha rumahan. Ketika memilih usaha, penting untuk menyesuaikannya dengan tren, kebutuhan pasar, jenis pelanggan potensial, modal, dan sebagainya.

Dari berbagai jenis usaha yang datang dan pergi, ada beberapa bisnis rumahan yang banyak dibutuhkan dan memiliki banyak pelanggan potensial. Ada juga tren bisnis yang dipengaruhi kondisi terkini, seperti tren kerja/belanja selama pandemi. Inilah beberapa tren usaha rumahan yang saat ini cukup potensial.

Laundry kiloan masih menjadi primadona usaha rumahan, terutama di daerah hunian (atau dekat hunian). Kegiatan mencuci tidak pernah berhenti, dan saat ini, semakin banyak orang mengandalkan jasa cucian. Laundry kiloan juga menjadi pilihan untuk mencuci sesuatu yang sulit dibersihkan di rumah, misalnya boneka, selimut, dan karpet.

Modal awal laundry kiloan tidak sulit didapat; cukup dengan minimal dua mesin cuci, pengering, setrika, dan perlengkapan cuci lainnya untuk bisnis modal kecil. Laundry kiloan juga bisa dimulai di rumah tanpa harus membangun atau menyewa bangunan terpisah, setidaknya untuk tahap awal.

  • Cuci Motor

Jumlah pengguna sepeda motor yang membludak dan menyebar luas di Indonesia membuat jasa cuci motor sangat dibutuhkan. Cuci motor bisa dijadikan bisnis rumahan karena modalnya lebih kecil dari cuci mobil. Modalnya cukup perlengkapan mencuci seperti kompresor, selang, produk pencuci motor, sumber air, listrik, dan perlengkapan tempat cuci lainnya.

Cuci motor juga bisa dikreasikan untuk calon pelanggan, misalnya “cuci motor salju” yang menggunakan banyak busa, atau gratis sampo motor ukuran kecil untuk pelanggan setia.

  • Bumbu Dapur Siap Pakai

Memasak dengan beragam bumbu dapur dan rempah bisa melelahkan, terutama jika bumbu dan rempahnya banyak. Kegiatan mengiris, mengaduk, mengupas, mengulek, dan sebagainya bisa sama melelahkannya dengan memasak itu sendiri. Membuat bumbu siap pakai pun bisa dijadikan bisnis rumahan.

 

Bumbu yang dijual bukan serbuk seperti di toko, tetapi lebih ke beragam bumbu basah yang siap dimasak. Contohnya antara lain sambal, campuran bumbu kuning, bumbu dasar putih, dan sebagainya. Bumbu ini memungkinkan pemilik dapur untuk memasak hidangan autentik tanpa harus berkutat dengan aspek persiapan bumbu yang bermacam-macam.

  • Jasa Jahit dan Permak

Apakah benar zaman sekarang orang tidak perlu ke tukang jahit? Tentu tidak! Ketika tren belanja dan fast fashion semakin gencar dibicarakan, jahit dan permak menjadi jasa yang banyak dicari. Selain membetulkan pakaian yang rusak, jasa jahit dan permak bisa membidik calon pelanggan dalam jumlah besar.

Misalnya, ketika usahamu semakin besar, kamu bisa mulai menerima pesanan berjumlah besar, misalnya seragam atau baju kantor. 

  • Membuka Warung atau Kedai

Usaha kuliner tidak pernah ada habisnya. Membuka warung atau kedai sendiri bisa menjadi alternatif bisnis rumahan. Warung nasi dengan lauk, contohnya, termasuk jenis bisnis rumahan yang cukup populer karena banyak dicari. Akan tetapi, warung nasi dan lauk bukan satu-satunya usaha kuliner yang cukup potensial di rumah.

 

Jika ingin sesuatu yang lebih hits, cobalah membuka kedai kopi. Usaha ini bisa dimulai dari tempat yang lumayan terbatas serta mesin kopi sederhana. Ketika usaha semakin besar, tambahkan mesin kopi yang lebih mutakhir, lebih banyak meja dan kursi, dan sebagainya.

  • Bisnis Pembuatan Makanan Ringan

Makanan ringan rumahan bisa jadi alternatif untuk yang suka makanan ringan tetapi bosan dengan makanan dari toko. Bisnis pembuatan makanan ringan bisa dari apa saja, mulai dari yang gurih hingga manis. Salah satu tren populer saat ini adalah membuat menu yang terinspirasi atau bahkan mirip-mirip dengan makanan luar negeri.

Misalnya, saat ini, ada cukup banyak orang yang menjual hidangan ringan seperti sandwich buah dan krim ala Jepang, susu selai stroberi Korea, hingga macaron Prancis. Dengan memanfaatkan kamera, cahaya, dan pose yang bagus, bisnis rumahan ini bisa melambung tinggi.

Kantor Digital untuk Pendiri Bisnis Rumahan

Zaman sekarang, bisnis rumahan skala kecil sekalipun harus memiliki sistem manajemen yang baik. Salah satunya adalah memiliki semacam “kantor” untuk memastikan produksinya lancar. Kantor virtual bisa menjadi solusi untuk penyediaan kantor bagi bisnis kecil.

Membuka usaha atau kantor di rumah kini lebih mudah dengan virtual office vOffice. Kantor virtual ini membantu menciptakan ruang kerja digital dengan beragam fitur produktivitas. Menggunakan kantor digital seperti ini bisa menghemat biaya operasional hingga 90 persen.

Dengan kemudahan dan keamanan aksesnya, vOffice membantu menciptakan grup kerja, ruang rapat, tempat berbagi pekerjaan dan diskusi, dan masih banyak lagi. vOffice tersedia di kota-kota besar meliputi virtual office jakarta, virtual office tangerang, virtual office bekasi, virtual office bandung, virtual office surabaya, virtual office medan, virtual office bali. Jika anda ingin mendirikan PT, vOffice juga bisa membantu pembuatan PT anda.

Ingin memulai bisnis rumahan dengan kantor? Jadikan vOffice kantor virtual sebagai sarana kerja terutama jika baru berdiri.