Menghadapi Kemungkinan Lockdown Untuk Bisnis Anda

Dengan semakin meningkatnya tingkat penyebaran COVID 19 di Indonesia, terutama di ibukota, keadaan untuk setiap bisnis yang sedang berjalan menjadi terancam. Tidak hanya itu, kemungkinan ditutupnya akses masuk dan keluar Jakarta alias Lockdown menjadi semakin tinggi. Untuk itu, ada baiknya anda mulai memikirkan langkah-langkah yang perlu diambil sebelumnya sehingga bisnis anda tetap dapat berjalan se-produktif mungkin. Berikut adalah tips-tips dari kami untuk membantu anda mengambil langkah tersebut.

Jaga komunikasi

Di saat genting seperti ini, anda harus memastikan bahwa komunikasi, baik di dalam maupun keluar dari perusahaan anda, tetap efektif. Setiap bagian dari bisnis anda harus dapat berinteraksi satu dengan yang lain meskipun terhambat oleh jarak, maka dari itu gunakan perangkat seperti Zoom atau Google Hangout untuk mengurangi jarak tersebut. Selain itu, pastikan anda tidak melupakan pelanggan dengan memberikan berita terbaru tentang bisnis anda. Apakah waktu pengiriman akan lebih lama dari biasanya? Berkurangkah waktu operasional anda? Informasikan hal-hal berikut untuk mengurangi ketidakpuasan dari pelanggan anda.

Usahakan Inovasi Online

Saat ini jelas bahwa hubungan kontak sudah harus sangat dikurangi untuk membantu mengurangi penyebaran COVID 19. Maka dari itu, ada baiknya untuk anda melihat opsi mengubah bisnis anda menjadi lebih mobile. Bisnis konsultasi, contohnya, dapat melakukan konsultasi yang biasanya tatap muka menjadi online. Restoran atau gerai makanan lainnya dapat memaksimalkan pengantaran online mereka. Ketika anda mulai bingung atas apa yang bisa dilakukan untuk mengubah bisnis anda menjadi mobile, pastikan anda sering melihat apa yang kompetitor anda lakukan sebagai inspirasi. Memang, tidak semua usaha dapat dijadikan online, namun kita harus menjadi lebih kreatif untuk menyelesaikan masalah ini.

Pengaturan jarak jauh

Selain membuat bisnis anda beralih menjadi lebih mobile, ada baiknya anda juga mengaturnya dari jarak jauh untuk semakin mengurangi penyebaran penyakit tersebut. Dewasa ini banyak opsi untuk anda bisa tetap produktif dengan tidak berada di ibukota dengan bantuan ruang kerja fleksibel. Anda bisa menggunakan kantor virtual untuk mendapatkan alamat bisnis di Jakarta tanpa harus meninggalkan rumah untuk beroperasi, misalkan. Saat ini banyak yang menyediakan alamat bisnis untuk anda tanpa risiko terpapar oleh virus mematikan ini. Klik disini untuk pelajari lebih lanjut.

Implementasikan jadwal Work from Home

Meskipun sudah menjadi saran pemerintah sejak 2 minggu yang lalu, banyak pengusaha masih ragu untuk mengimplementasikan work from home karena berbagai alasan. Mungkin ada ketakutan untuk pegawai menjadi tidak responsif dan efektif. Yang lain khawatir akan kinerja masing-masing tim ketika tidak dapat berinteraksi dengan mulus. Namun, banyak cara untuk memaksimalkan work from home, yang pastinya juga sangat membantu untuk mengurangi penyebaran COVID 19. Selain tips-tips diatas, anda juga bisa menjadwalkan rapat harian untuk memastikan semua pegawai tetap siap bekerja walaupun dari rumah. Pastikan juga semua bagian dari perusahaan anda untuk memberikan laporan setiap harinya akan apa saja yang mereka kerjakan hari itu.

Relokasi tempat usaha

Untuk lebih lagi memastikan keamanan bisnis anda saat terancam lockdown di Jakarta, mungkin anda dapat memikirkan untuk memindahkan tempat usaha anda sementara waktu. Banyak perusahaan besar yang tidak dapat mengurangi efektifitas mereka mulai menyewa kantor-kantor kecil di luar daerah pusat, seperti Tangerang dan Bekasi. Ketika ditanya mengapa, tujuan mereka adalah untuk mendekatkan kantor kepada pegawai-pegawai mereka. Ini pada akhirnya mengurangi penggunaan transportasi umum, perjalanan pegawai, dan menjaga kesehatan dan keamanan semua pihak. Klik disini untuk pelajari lebih lanjut.

Harus diingat bahwa disaat penyebaran COVID 19 yang makin meluas ini, hal terbaik selain dari tips-tips yang kami sampaikan ini adalah untuk tetap tenang dan tetap semangat menghadapi tantangan. Kami segenap keluarga vOffice turut bersimpati kepada semua yang terkena dampak dari virus ini, dan berkomitmen untuk membantu anda dan bisnis anda tetap produktif di masa genting ini. Tetap sehat dan tetap semangat!

Anda Punya Pertanyaan ?