Perlengkapan Kantor: Jenis-Jenis dan Kegunaannya

Perlengkapan Kantor: Jenis-Jenis dan Kegunaannya

Perlengkapan kantor mencakup semua barang yang biasa digunakan di kantor, perusahaan, dan organisasi lainnya. Fungsinya adalah untuk mengumpulkan, memperbaiki, dan mengeluarkan informasi. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai jenis perlengkapan kantor, manfaatnya, dan pentingnya memilih perlengkapan yang tepat untuk menunjang produktivitas.

Jenis-Jenis Perlengkapan Kantor

Perlengkapan Kantor: Jenis-Jenis dan Kegunaannya
Perlengkapan Kantor: Jenis-Jenis dan Kegunaannya (source: pexels)

1. Berdasarkan Bentuknya

Perlengkapan Kantor Berbentuk Lembaran

  • Kertas HVS: Digunakan untuk mencetak dokumen dan membuat catatan.
  • Kertas Folio Bergaris: Biasanya digunakan untuk mencatat atau menulis laporan.
  • Kertas Karbon dan Stensil: Digunakan untuk membuat salinan dokumen.
  • Amplop dan Map: Digunakan untuk menyimpan dan mengorganisir dokumen.

Perlengkapan Kantor Berbentuk Non Lembaran

  • Alat Tulis Kantor: Pulpen, pensil, spidol, penggaris, dan penghapus.
  • Pembuka Surat: Gunting, pisau cutter, atau alat elektrik pembuka surat.
  • Stempel: Stempel perusahaan, tanggal terima agenda, bantalan stempel.
  • Perlengkapan Meja: Kalender meja, tempat pensil, baki surat, kotak kartu nama.

Perlengkapan Kantor Berbentuk Buku

  • Buku Catatan Kecil: Untuk mencatat informasi penting.
  • Buku Pedoman Organisasi: Referensi tentang aturan dan prosedur organisasi.
  • Buku Alamat Relasi dan Kamus: Untuk menyimpan kontak penting dan referensi kata.
  • Buku Tahunan, Tamu, Agenda, Catatan Keuangan: Dokumen penting yang dibutuhkan untuk administrasi kantor.

2. Berdasarkan Penggunaannya

Barang Habis Pakai

  • Kertas: Digunakan untuk mencetak dan menulis.
  • Tinta dan Karbon: Untuk printer dan mesin tik.
  • Pensil dan Pulpen: Alat tulis sehari-hari.

Barang Tidak Habis Pakai

  • Stapler dan Perforator: Untuk mengatur dan menyusun dokumen.
  • Cutter dan Gunting: Alat pemotong kertas.

Barang Bergerak

  • Bangku, Kursi, dan Lemari Arsip: Furnitur yang dapat dipindahkan sesuai kebutuhan.

Barang Tidak Bergerak

  • Tanah, Bangunan, Sumur, Menara, dan Saluran Air: Infrastruktur yang tetap di satu tempat.

Baca Juga: 7 Fasilitas Kantor Yang Wajib Ada untuk Bekerja

Perlengkapan Kantor yang Harus Dimiliki

Perlengkapan Kantor: Jenis-Jenis dan Kegunaannya
Perlengkapan Kantor: Jenis-Jenis dan Kegunaannya (source: pexels)
  1. Laptop

Laptop adalah komputer portable yang berukuran kecil dan ringan. Biasanya disediakan oleh kantor untuk memudahkan karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan seperti membuat laporan, mengedit video, presentasi, dan rapat online.

  1. Mouse

Mouse digunakan untuk mengatur perpindahan kursor secara cepat atau memberikan perintah secara praktis dan cepat. Tersedia dalam versi berkabel dan nirkabel.

  1. Meja dan Kursi

Meja dan kursi yang nyaman dan sesuai kebutuhan sangat penting untuk menunjang produktivitas. Meja harus bisa menampung perangkat komputer, map, buku, dan peralatan lainnya, sementara kursi yang nyaman memberikan kenyamanan bagi karyawan.

  1. Alat Tulis

Meskipun banyak pekerjaan dapat diselesaikan secara digital, alat tulis tetap diperlukan. Beberapa alat tulis yang penting antara lain kertas, buku catatan, pensil, karet penghapus, pulpen, dan sticky notes.

  1. Map Ordner dan Stopmap

Map ordner dan stopmap digunakan untuk menyimpan dan mengorganisir dokumen penting agar mudah ditemukan saat diperlukan.

  1. Kalkulator

Untuk mempermudah dan mempercepat urusan hitung-menghitung, terutama bagi karyawan di bagian keuangan, kalkulator sangat diperlukan.

  1. Pembolong Kertas

Pembolong kertas atau perforator digunakan untuk melubangi kertas agar dapat disimpan dalam binder.

  1. LCD Proyektor

Proyektor LCD digunakan sebagai media presentasi untuk menampilkan teks, gambar, dan video yang disambungkan dengan laptop atau komputer.

  1. Filing Cabinet

Filing cabinet digunakan untuk menyimpan arsip data dan dokumen. Biasanya terbuat dari material besi yang kuat dan dapat dikunci.

  1. Webcam

Webcam digunakan untuk rapat online agar peserta rapat dapat saling melihat wajah. Pemasangannya mudah, hanya perlu dihubungkan ke komputer atau laptop.

Baca Juga: 11 Cara Mengurangi Biaya Operasional Perusahaan dengan Efektif

  1. Flashdisk

Flashdisk adalah media penyimpanan portable yang menggunakan port USB untuk menghubungkannya dengan komputer. Ukurannya kecil dan mudah dibawa.

  1. Paper Shredder

Mesin penghancur kertas digunakan untuk menghancurkan dokumen yang sudah tidak diperlukan agar tidak jatuh ke tangan yang salah.

  1. Scanner

Scanner digunakan untuk memindai data dan menyimpannya dalam bentuk digital, memudahkan transfer dokumen fisik ke dalam komputer.

  1. Printer dan Mesin Fotokopi

Printer digunakan untuk mencetak dokumen, sementara mesin fotokopi untuk membuat salinan. Beberapa mesin fotokopi juga memiliki fungsi cetak.

  1. Mesin Absen

Mesin absensi digunakan untuk mencatat kehadiran karyawan, memudahkan HRD dalam merekap data kehadiran.

  1. Stempel

Stempel digunakan untuk pengesahan surat dan dokumen, sangat penting dalam administrasi kantor.

Baca Juga: 14 Kelebihan Sewa Kantor Dibanding Membeli

Pemenuhan Perlengkapan Kantor

Pemenuhan perlengkapan kantor, terutama yang berat seperti elektronik dan furnitur, bisa menjadi tugas yang merepotkan. Salah satu solusi yang praktis adalah dengan menyewa kantor yang menawarkan fasilitas lengkap. Salah satu pilihan terbaik adalah sewa kantor dan serviced office dari vOffice. Dengan sertifikat ISO 9001 dan Jaminan Kepuasan Pelanggan, vOffice telah melayani lebih dari 50 ribu klien yang tersebar di Indonesia.

vOffice menyediakan berbagai produk untuk kebutuhan operasional dan dukungan bisnis seperti Virtual OfficeServiced OfficeCall Answering ServiceSewa Meeting RoomEvent Space, hingga layanan Pengurusan Legalitas. Keberadaan lokasi yang tersebar di seluruh Jakarta dan kota-kota besar lainnya memastikan Anda mendapatkan tempat kerja yang strategis dan mudah diakses.

vOffice sewa kantor serviced office banner

Cek berbagai lokasi yang strategis untuk sewa kantor di Indonesia pada laman berikut:

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan solusi kantor terbaik untuk bisnis Anda dengan menyewa ruang kantor di vOffice. Hubungi kami sekarang untuk informasi lebih lanjut.