Apa Itu Wirausaha? Berikut Pengertiannya dalam Bisnis

Pengertian Wirausaha

Banyak yang bermimpi menjadi wirausahawan sukses, tetapi apa sebenarnya pengertian wirausaha itu sendiri? Apa karakteristik wirausahawan sejati dan faktor yang menentukan keberhasilannya? Pahami lebih jauh sebelum memutuskan mencari ide usaha mandiri!

Apa Itu Wirausaha menurut Ahli?

Wirausaha secara umum artinya tindakan pengelolaan bisnis di mana seluruh aspeknya dikelola oleh si pemilik, seperti pemilihan ide, marketing, penentuan konsep dan target pemasaran, dan manajemen. Wirausahawan mungkin mempekerjakan pegawai atau staf, tetapi konsep dasar usahanya berawal dari idenya.

Konsep wirausaha atau entrepreneurship pertama kali diperkenalkan oleh ekonom Austria, Joseph Alois Schumpeter (1883-1950). Menurutnya, para wirausahawan merupakan tenaga penggerak ekonomi dan sumber inovasi. Teorinya tentang “penghancuran kreatif” (creative destruction) menekankan bahwa, dalam ekonomi yang aktif, ide-ide kuno akan selalu diganti dengan yang baru dan inovatif.

Para ahli memiliki pendapat cukup beragam tentang apa itu wirausaha. Pakar ekonomi dan pebisnis Prancis dari abad ke-19, Jean-Baptiste Say, berpendapat bahwa wirausaha adalah pengelolaan beragam sumber daya secara ekonomis hingga menghasilkan barang bernilai. Sementara itu, John F. Burgess menekankan faktor risiko, menggambarkan wirausaha sebagai kegiatan pengelolaan dan pengambilan risiko demi membuka peluang bisnis baru.

Tujuan Memulai Usaha Mandiri

Berbagai pengertian wirausaha di atas bisa menjadi patokan untuk menentukan tujuan pendirian usaha.

Apa motivasi seseorang untuk menjadi wirausahawan? Jawabannya bisa beragam, misalnya sebagai berikut:

  • Mengubah bahan baku menjadi produk bernilai jual
  • Mempertemukan target pasar dengan produk yang mereka butuhkan (misalnya bisnis reseller)
  • Membuka layanan yang dibutuhkan target pasar demi mendapat profit
  • Motivasi sosial seperti pemberdayaan masyarakat
  • Motivasi lingkungan seperti mengubah atau mengelola sampah menjadi produk bernilai jual

Seorang pengusaha bisa memiliki beberapa motivasi untuk memulai bisnis, tetapi motivasi utama biasanya tercantum dalam visi dan misi usaha. Hal ini karena motivasi utama menjadi tenaga pendorong untuk mengelola bisnis tersebut dengan baik.

Karakteristik Ideal Seorang Wirausahawan

Modal bukan satu-satunya penentu sukses wirausaha. Lewat pengertian wirausaha, kita bisa menyimpulkan berbagai karakteristik ideal yang dimiliki seorang pengusaha mandiri sukses. Contohnya sebagai berikut:

  • Kreatif

Banyak ide bisnis sukses berakar dari kreativitas dan kemampuan menyaring ide dari hal-hal yang sudah umum. Hal ini sejalan dengan konsep creative destruction yang digambarkan Schumpeter, di mana ide kreatif bisa mendobrak konsep-konsep yang sudah kuno dan menciptakan ladang bisnis baru.

  • Memiliki Hasrat, Semangat, Motivasi

Ide usaha paling potensial sekalipun tidak akan berhasil jika si pengusaha tidak memiliki hasrat, semangat, dan motivasi. Ketiga hal ini merupakan tenaga pendorong dalam mengembangkan usaha serta menghadapi rintangan dan hambatan yang pasti muncul.

 

  • Visioner

Wirausahawan sukses memiliki visi yang kuat. Visi mencerminkan gambaran kesuksesan dan tujuan pendirian usaha yang ingin diraih. Pengusaha yang visioner cenderung lebih tahan banting, kreatif, dan mampu menemukan ide atau inovasi yang cocok dengan jenis bisnisnya.

  • Punya Kemampuan Sosial yang Baik

Dunia usaha menuntut wirausahawan untuk menjalin koneksi dengan banyak orang, misalnya rekan bisnis, pemasok, pelanggan baru dan lama, sesama pemilik usaha, hingga orang-orang yang menjadi target pasar. Kemampuan sosial yang baik adalah “pelumas” agar hubungan dengan sosok-sosok tersebut lancar dan berdampak positif pada bisnis yang dijalankan.

Contoh kemampuan sosial di sini antara lain cara berkomunikasi baik verbal maupun nonverbal, kemampuan bernegosiasi, bersikap baik, dan bertanggung jawab.

  • Berfokus pada Pelanggan

Wirausahawan yang baik biasanya memiliki naluri untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan. Hal ini juga sejalan dengan tren bisnis masa kini yang mengusung kepuasan pelanggan (customer satisfaction). Ketika wirausahawan berfokus pada kepuasan pelanggan, baik dalam hal menciptakan produk atau layanan maupun melayani pelanggan yang tidak puas, usahanya akan mendapat reputasi baik dan lebih mudah sukses.

  • Semangat Belajar

Dunia bisnis terus berkembang dan berbagai inovasi, konsep, serta produk baru terus bermunculan. Seorang wirausahawan wajib memiliki semangat belajar dan mengembangkan diri agar bisa mengikuti tren dan membaca tantangan serta persaingan.

  • Mampu Memanfaatkan Teknologi

Teknologi seperti internet, aplikasi digital, dan media sosial telah menjadi kelaziman. Pemilik usaha kecil sekalipun sebaiknya mampu menggunakan minimal email dan media sosial untuk mempromosikan produk atau layanannya, terutama jika ingin mengembangkan bisnis. Salah satu contoh teknologi yang cocok untuk pengusaha mandiri adalah kantor virtual.

Mengapa Kantor Virtual Cocok untuk Wirausaha?

Memulai bisnis dari nol membutuhkan efisiensi dalam berbagai hal, termasuk biaya. Kantor virtual memberikan fasilitas untuk mengelola bisnis tanpa biaya sebanyak kantor biasa. Virtual office seperti vOffice memberi solusi ruang kerja digital yang membantu menghemat biaya operasional hingga 90 persen.

Memadukan fitur pendukung kerja dengan ruang digital eksklusif, vOffice membantu para wirausahawan menciptakan kantor digital untuk mendukung kerja kolaborasi. Jadi, apakah Anda tertarik untuk menyewa virtual office?

Jika iya, Anda bisa menghubungi tim vOffice. Kami menyediakan layanan virtual office di berbagai lokasi bergengsi di Indonesia.

Berikut ini pilihan lokasi strategis dari vOffice untuk virtual office di Indonesia:

Tunggu apa lagi? Hubungi kami sekarang dan dapatkan berbagai penawaran menarik!

Dilihat dari beragam pengertian wirausaha, menjadi wirausahawan membutuhkan dukungan modal, karakteristik positif, jaringan koneksi, pengelolaan sumber daya, dan teknologi. Dapatkan virtual office vOffice untuk menciptakan usaha mandiri yang sukses.

    Anda Punya Pertanyaan?