Work from Home Lebih Produktif dengan 5 Aplikasi Ini

Deretan aplikasi canggih ini bantu Anda lebih produktif saat work from home. Sudah pakai yang mana?

Tren work from home alias kerja dari rumah rasanya kian populer di banyak negara, termasuk Indonesia. Meskipun terlihat mudah, pada praktiknya WFH tidak semulus yang dibayangkan. Biasanya ada saja distraksi yang membuat produktivitas kerja terganggu.

Namun, tak perlu khawatir. Berikut beberapa aplikasi penunjang WFH yang bisa Anda pakai secara gratis maupun berbayar.

Slack

Slack merupakan aplikasi kolaborasi yang sangat terkenal di kalangan para freelancer dan pekerja remote. Sekilas platform komunikasi dan kolaborasi ini mirip WhatsApp. Bedanya Slack memiliki fitur channel yang memungkinkan Anda membuat grup dengan anggota tim yang sangat banyak.

Dengan Slack, pengguna tidak akan dipusingkan dengan topik obrolan yang campur-aduk karena masing-masing sudah ada kanalnya sendiri. Aplikasi yang dirilis tahun 2013 ini menawarkan versi berbayar maupun gratis (dengan fitur terbatas).

RingCentral Glip

Jika Anda membutuhkan aplikasi untuk WFH dengan fitur yang lebih advance, RingCentral Glip bisa jadi opsi terbaik. Tool ini memungkinkan Anda dan tim berkolaborasi kapan pun dan di mana pun, baik melalui pesan pribadi, video conference, maupun telepon.

Fitur lain yang ditawarkan RingCentral Glip adalah post-it tasks, lengkap dengan due date dan assignee-nya. Jadi pembagian tugas kantor pun bisa lebih terkontrol meskipun semua tim bekerja dari jarak jauh. Oh ya, platform ini juga bisa digunakan secara gratis, lho.

Zoom

Aplikasi yang satu ini tengah naik daun di kalangan pekerja maupun pelajar sejak imbauan work from home diserukan pemerintah. Zoom memang menawarkan layanan komunikasi jarak jauh lewat layanan video conference yang praktis.

Fitur lain yang bisa dinikmati di Zoom adalah one-on-one meeting, sharing screen & chat, serta recording video call. Jumlah partisipan yang bergabung dalam video conference Zoom pun bisa mencapai 1.000 peserta. Cocok sekali untuk Anda yang ingin mengadakan rapat besar atau seminar online.

Trello

Hampir sama dengan RingCentral Glip, Trello merupakan aplikasi canggih yang akan mendukung Anda saat WFH. Di dalamnya terdapat semacam papan virtual berisi daftar tugas, deadline, serta siapa penanggung jawabnya. Dengan begitu, masing-masing anggota tim bisa saling memantau.

Untuk memaksimalkan produktivitas, Anda juga bisa mengintegrasikan Trello dengan platform lain seperti Slack maupun RingCentral Glip. Aplikasi ini tersedia dalam 21 bahasa dan dapat diakses dalam versi gratis maupun berbayar.

G Suite

Bekerja dari rumah dijamin lebih produktif jika Anda memanfaatkan layanan berbayar dari Google, G Suite. Selain platform komunikasi seperti Hangouts Meeting, tool ini juga menyediakan fitur tambahan yang akan memaksimalkan kolaborasi Anda dengan tim, seperti G Docs, G Sheets, Slides, serta G Drive. G Suite sendiri menerapkan biaya langganan yang bervariasi.

Nah, sudah tahu kan aplikasi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan work from home Anda? Jika membutuhkan layanan kantor virtual berfasilitas lengkap, vOffice bisa jadi pilihan.

Kami menyediakan beragam layanan premium layaknya kantor konvensional, mulai dari mail handling, alamat bisnis, sampai resepsionis penjawab telepon yang sangat praktis. Virtual Office, solusi cerdas bekerja dari rumah!

Anda Punya Pertanyaan ?