Salah memilih Virtual Office? Hati-Hati! Berikut ini Bahaya yang Dapat Mengancam Binis Anda

vOffice, JAKARTA – Bagi pengusaha yang sedang merintis bisnis, keberadaan sebuah kantor tentu sangat diperlukan. Seperti untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan, peningkatan citra perusahaan dan mendapatkan kepercayaan dari konsumen atau klien. Namun, harga sewa gedung perkantoran di kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Bali yang semakin tinggi, menjadi permasalahan yang cukup pelik bagi pengusaha baru.

Banyak yang menggunakan layanan Virtual Office untuk mewujudkan efisiensi kerja yang hemat biaya. Virtual Office adalah suatu kantor virtual dimana Anda tidak menyewa kantor secara fisik namun hanya memiliki domisili atau alamat perusahaan terdaftar saja. Baca juga : 5 alasan mengapa memilih virtual office

Namun, terdapat beberapa bahaya yang muncul jika Anda salah memilih provider Virtual Office. Apa saja hal tersebut dan bagaimana mengatasinya? Ulasan berikut mungkin bisa membantu Anda.

1. Alamat dan Lokasi Virtual Office yang Tidak Jelas

 Pemilihan lokasi dan penempatan Virtual Office yang tidak bergengsi, sulit dicari dan hanya berada di ruko, akan mengakibatkan reputasi bisnis yang memburuk di mata klien dan konsumer. Hal tersebut karena lokasi Virtual Office yang akan sulit ditemukan ketika akan mengadakan suatu pertemuan atau citra perusahaan menjadi tidak bergengsi karena hanya berada di sebuah ruko.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih lokasi Virtual Office di alamat yang bergengsi, strategis dan berada di gedung perkantoran. Anda bisa tanyakan kepada provider Virtual Office, apakah alamat mereka berada di lokasi prestigious dan berada di gedung perkantoran atau berada di alamat yang sulit dicari dan hanya berada di ruko.

2. Hanya Menyediakan Alamat Tanpa Jasa Bisnis Lain

 Berdasarkan data dari Universitas Standford, bekerja secara multitasking  akan menyebabkan berkurangnya produktivitas sebesar 40%. Oleh karena itu, Ketika Anda memilih provider Virtual Office yang hanya menyediakan alamat, Anda akan direpotkan oleh pengurusan bisnis lain yang menyebabkan terhambatnya produktivitas. Pilihlah provider Virtual Office yang menyediakan jasa pendukung bisnis lainnya, seperti pendirian PT, CV atau konsultasi pajak. Hal tersebut bisa membuat bisnis Anda lebih berkembang ketika Anda fokus tanpa perlu terganggu oleh pengurusan bisnis lainnya.

3. Provider Virtual Office yang Tidak Berpengalaman

Jika Anda mengabaikan pengalaman dari suatu provider Virtual Office, hal tersebut akan membawa kerugian untuk bisnis Anda. Seperti pelayanan yang buruk dan keberadaan perusahaan yang hilang jika si penyedia jasa Virtual Office mengalami kebangkrutan. Sangat penting untuk mengetahui bahwa penyedia Virtual Office tersebut adalah sebuah perusahaan terkenal yang terpercaya dan telah bertahan dalam waktu yang lama. Selain itu pilihlah Virtual Office yang didukung oleh PERJAKBI (Perhimpunan Pengusaha Jasa Kantor Bersama Indonesia) sehingga Anda bisa tenang dalam menjalankan bisnis. Baca juga : Virtual Office yang Didukung Perjakbi.

4. Perhatikan Biaya Tersembunyi

 Banyak penyedia jasa Virtual Office yang menawarkan harga yang sangat murah ketika di publikasi. Namun ketika Anda menggunakan fasilitas yang ada, Anda harus mengeluarkan dana yang berlebih. Seperti penawaran nomor faks gratis, namun Anda harus membayar per halaman yang diterima atau tersedianya ruang meeting dan acara, namun tarif ruangan per jam yang lebih mahal dari harga yang ditawarkan di awal.

Lakukan perbandingan dengan cermat jenis layanan yang diberikan oleh penyedia jasa Virtual Office dengan tetap menyesuaikan harga serta layanan yang akan Anda dapatkan. Anda bisa menanykan kepada penyedia Virtual Office yang akan Anda pilih, apakah harga yang mereka publikasikan sudah transparan?

5. Virtual Office Tidak Bisa PKP

Jika Anda memilih provider Virtual Office yang belum PKP, Anda juga tidak akan bisa untuk mengajukan PKP. Hal tersebut akan mengakibatkan hilangnya banyak kesempatan seperti mengikuti proyek dari instansi besar dan pemerintah. Meskipun Anda belum membutuhkan PKP, sebaiknya pilihlah provider Virtual Office yang sudah PKP, karena akan membawa dampak positif terhadap bisnis Anda. Sehingga ketika Anda membutuhkan PKP, Anda tidak perlu lagi untuk mengeluarkan biaya tambahan.

Anda Punya Pertanyaan ?