5 Kunci Sukses Menjalankan Bisnis dari Rumah

Modal bukan halangan! Ini rahasia sukses menjalankan bisnis dari rumah tanpa tapi.

Popularitas bisnis online di Indonesia diprediksi bakal terus naik dari tahun ke tahun. Pola ini bisa dilihat dari tingginya penetrasi internet di Tanah Air. Tahun 2019, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebut ada sekitar 171 juta pengguna aktif internet yang tersebar di seluruh Nusantara.

Pasar yang sangat menggiurkan, tentu saja. Tak heran banyak pegawai yang banting setir dan memilih terjun ke dunia bisnis. Anda punya rencana serupa? Berikut tips sukses memulai bisnis dari rumah yang wajib ditiru.

Pertimbangkan Hobi dan Bakat

Ingin sukses di dunia bisnis online? Mulailah dari sesuatu yang paling Anda sukai, sebab nantinya Andalah yang akan paling banyak menghabiskan waktu untuk mengurus bisnis ini.

Jadi pikirkan bakat dan minat Anda, lalu cari celah yang bisa dimanfaatkan sebagai ladang bisnis. Misalnya Anda hobi menjahit kebaya, coba mulai pasarkan secara serius lewat media sosial atau e-commerce.

Pastikan Modal Cukup

Modal memang bukan syarat utama, tapi menjalankan bisnis dari rumah juga bukan berarti Anda bisa memulainya dengan tangan kosong. Sebelumnya, pikirkan seberapa banyak dana yang dibutuhkan untuk operasional, seperti menyewa tempat, membeli alat produksi, gaji karyawan, dan lain-lain.

Modal bisa didapat dari hasil tabungan atau pinjaman bank. Apa pun opsi pendanaan yang dipilih, pastikan Anda sudah memperhitungkan konsekuensinya dengan baik. Ketahui kemampuan bayar Anda, terutama jika di tengah jalan bisnis mengalami kendala.

Rapikan Administrasi

Kunci sukses sebuah bisnis terletak pada administrasinya. Jangan sampai Anda melupakan hal ini. Bisnis kecil berskala rumahan pun perlu memiliki rekam administrasi yang tertib untuk bisa berkembang dan sukses di masa depan.

Tips-nya, jangan pernah mencampur uang pribadi dengan uang bisnis. Catat keuangan masuk dan keluar sekecil apa pun nilainya. Tertib administrasi akan memudahkan Anda dalam melakukan evaluasi bisnis—apakah profit atau justru rugi.

Survei Pasar

Meski terlihat sepele, survei pasar ternyata berpengaruh besar terhadap kelangsungan bisnis Anda nantinya, lho. Maka dari itu, cek dulu minat konsumen terhadap produk Anda, berapa harga yang bersedia mereka bayar, siapa saja kompetitornya, dan lain-lain.

Survei sebelum memulai bisnis akan membantu Anda memetakan peluang bisnis yang sedang tren di masyarakat. Dengan begitu proses produksi dan pemasaran juga lebih terarah, sehingga bisnis bisa tetap berkembang di tengah ketatnya persaingan.

Minta Dukungan Keluarga

Terakhir tapi bukan yang paling akhir, jangan lupa untuk selalu minta dukungan keluarga, baik morel maupun materiel. Berikan pengertian kepada mereka bahwa Anda sedang merintis bisnis dari rumah. Dukungan dari orang tersayang adalah aset yang tak ternilai harganya.

Jika Anda ingin bisnis terlihat makin profesional tanpa harus menyewa kantor, gunakan saja layanan virtual office dari vOffice. Dengan fasilitas yang lengkap dan profesional, kami siap membantu Anda meningkatkan citra dan branding bisnis secara mudah. Ada pertanyaan? Kunjungi website resmi vOffice sekarang!

Anda Punya Pertanyaan ?