4 Peluang Bisnis Paling Bersinar di Kota Medan

Inspirasi peluang bisnis Medan dengan prospek cerah sepanjang tahun. Cek selengkapnya di sini!

Medan merupakan daerah dengan potensi ekonomi yang menjanjikan. Sektor agrikultur sekaligus perdagangan di kota metropolitan tersebut bahkan bernilai hingga multimiliar dolar. Pohon karet, kelapa sawit, kakao, sampai kayu manis dapat tumbuh dengan subur di tanah Medan—belum sektor pariwisata dan lainnya.

Dengan potensi sebesar itu, membuka bisnis di Medan tentu merupakan langkah yang patut dicoba. Lalu, peluang usaha apa saja sih yang cocok dikembangkan di Kota Melayu Deli ini?

 

Properti/Estate

Medan tergolong wilayah dengan pertumbuhan penduduk yang cukup pesat. Per 2020, populasi Medan telah mencapai lebih dari 2,3 juta jiwa (terdiri dari warga lokal dan pendatang).

Itulah mengapa bisnis properti atau estate selalu laris di Medan. Selain rumah pribadi, developer juga banyak membangun tipe akomodasi lain seperti apartemen, kondominium, hotel, resort, dan lain-lain.

 

Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner di Medan juga patut dipertimbangkan mengingat kota ini mempunyai banyak destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi pelancong sepanjang tahun. Anda bisa membuka tempat makan di lokasi-lokasi yang strategis, seperti di dekat Lapangan Merdeka, Deli Serdang, dan lainnya.

Pada dasarnya bisnis kuliner apa saja terbilang laku di Medan. Namun, karena konsumen terbesar yang akan ditarget adalah wisatawan, sebaiknya pertimbangkan membuka tempat makan yang menjual aneka kuliner khas setempat.

 

Lodging (Penginapan)

Melihat tingginya angka kunjungan wisatawan ke Medan tiap tahun, hospitality diprediksi menjadi sektor bisnis yang akan terus bersinar di daerah tersebut. Selain rumah makan, penyewaan penginapan (lodging) seperti hotel, resort, villa dan homestay adalah lini usaha yang tidak ada matinya.

Tipe penginapan bisa Anda atur sesuai dengan karakter pasar yang akan dibidik, misalnya wisatawan lokal, turis mancanegara, business traveler, wisatawan low-budget, backpacker, atau yang lainnya.

 

Ekspor Hasil Perkebunan

Medan bisa menjadi rujukan tepat buat Anda yang ingin memulai usaha di bidang ekspor hasil perkebunan. Selain kakao dan kelapa sawit, hasil perkebunan yang bisa diperoleh dengan mudah di Medan adalah tembakau, cengkeh, teh hijau, hingga tanaman hidroponik lain yang bernilai fantastis.

 

Apa pun pilihan Anda, merintis bisnis di Medan tentu perlu persiapan yang matang. Anda juga harus menerapkan strategi marketing yang tepat agar usaha tidak limbung disalip pesaing.

Untuk meringankan beban pengeluaran di awal pendirian usaha, gunakan saja jasa kantor virtual dari vOffice. Selayaknya kantor fisik pada umumnya, di virtual office Anda bisa menikmati beragam fasilitas yang akan menunjang segala aktivitas dan kebutuhan bisnis Anda, seperti alamat usaha, legalitas bisnis, mail & telephone handling, serta meeting room.

Hubungi customer service vOffice di sini jika Anda punya pertanyaan lebih lengkap!

Anda Punya Pertanyaan ?