3 Cara Hemat Mulai Berbisnis

Pengusaha yang sukses biasanya mengorbankan banyak waktu dan uang mereka untuk berinvestasi dalam mengambil risiko dari bisnis yang sedang mereka jalankan. Meskipun, banyak juga pebisnis yang memulai usahanya dari bawah.

Karenanya itu wajar jika seseorang memulai bisnisnya dari modal kecil. Namun, yang sebenarnya  diperlukan adalah meminimalisir biaya usaha sebanyak mungkin.

Jadi, bagaimana cara terbaik agar bisa tetap berhemat dan menyimpan uang ketika memulai bisnis? Berikut 3 cara yang bisa dilakukan untuk menghemat uang ketika memulai bisnis

1. Cari Tempat atau Ruang Usaha yang Murah

Jika tidak layak untuk bekerja dari rumah, misalnya, ketika Anda ingin bertemu klien atau butuh sinyal wifi yang lebih baik untuk internet, biasanya keberadaan kantor juga bisa mempengaruhi wibawa bisnis atau pemilik perusahaan.

Demi menyiasatinya, Anda bisa tetap menyewa kantor di tempat tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya penuh. Anda bisa berbagi ruang sewa dengan kantor atau orang lain, dan ini tentu saja lebih hemat karena memotong setengah dari biaya sewa yang harus dibayar.

Anda hanya perlu menyewa meja dan mungkin satu ruangaan yang bisa dilakukan untuk pertemuan bisnis seperti menyewa ruangan di Virtual Office (Kantor Virtual). Keuntungan lainnya, Anda juga bisa menuliskan alamat di kop surat, jadi bisnis Anda pun tidak dipandang sebelah mata. Ada banyak pilihan sewa ruang kantor bagi mereka yang ingin berhemat ketika memulai bisnis baru.

2. Pilih Rekan Kerja yang Bisa Bekerja Efektif

Saat mulai berbisnis wajar ingin melakukan semuanya sendiri, karena memiliki bisnis merupakan kebanggaan tersendiri. Tapi ada kalanya beberapa pekerjaan tidak bisa Anda lakukan sendiri karena bukan ahlinya, Anda juga butuh orang lain untuk meng-handle pekerjaan yang tidak bisa Anda lakukan itu.

Carilah rekan dan tim kerja yang benar-benar bisa menguasai tugasnya dengan baik. Anda lebih mungkin untuk menghemat uang jika Anda mendelegasikan pekerjaan yang dibenci kepada seseorang yang benar-benar menikmati pekerjaannya.

Misalnya, saat memilih ahli dalam memasarkan produk atau mengembangkan web bisnis Anda. Jika Anda dapat memilih dengan bijak, Anda akan menemukan serta mendapatkan lebih dari cukup untuk membayar mereka ketika Anda pun terus-menerus bekerja pada bidang yang Anda cintai. Ingatlah, bahwa Setiap pengusaha biasanya memiliki tim yang hebat.

3. Pekerjakan Seorang Akuntan yang Bijaksana

Seorang akuntan yang baik dan bijaksana biasanya akan bisa menghemat uang untuk pajak perusahaan yang Anda miliki. Jika ini terjadi, jangan heran bisnis yang Anda mulai akan bisa bertahan dan menghasilkan keuntungan, hanya karena Anda memilih seorang akuntan yang sepemikiran dan memahami bisnis yang Anda jalani.

Sumber: liputan6.com

Anda Punya Pertanyaan ?